blank
Bupati Arif Sugiyanto menendang bola mengawali pertandingan Fultsal Liga Santri 2021 di Lapangan Futsal SMK Maarif1 Kebumen.(Foto:SB/Ist)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Bupati Kebumen Arif Sugiyanto secara resmi membuka Pertandingan Futsal dan Bola Voli Liga Santri 2021, Senin (18/10).

Kegiatan dalam rangka memeriahkan Hari Santri Nasional (HSN)  2021 itu diikuti oleh 34 tim futsal dan 26 tim bola voli dari perwakilan pondok pesantren yang ada di Kabupaten Kebumen.

Pembukaan ditandai dengan tendangan kick off ke gawang oleh Bupati Arif Sugiyanto di Lapangan Futsal SMK Ma’arif Kebumen . Acara dihadiri Kepala Dinas Pemuda, Olah Raga dan Pariwisata Kebumen Mohammad Arifin, Ketua RMI Kebumen Gus Fachrudin Ahmad An-Nawawi, Pengasuh Pondok An-Nahdiyah Gus Johan Amru dan Rektor UMNU Kebumen DR Imam Satibi.

blank
Bupati Arif Sugiyanto didampingi panitia dan pejabat terkait pada Pembukaan Pertandingan Futsal dan Bola Voli Liga Santri Kebumen 2021.(Foto:SB/Ist)

Bupati mengucapkan selamat bertanding dan berpesan untuk senantiasa menjaga sportifitas dalam bermain. Dengan pertandingan ini diharapkan para santri bisa lebih sehat dan kuat agar terhindar dari wabah pandemi covid- 19.

“Kepada seluruh santri, selamat bertanding jaga sportifitas dan jaga kesehatan,”ucapnya.

Arif Sugiyanto mengatakan, saat ini Kebumen telah masuk dalam PPKM Level 3, dan kasus Covid-19 juga mengalami penurunan. Kendati begitu, ia meminta protokol kesehatan (Prokes) harus terus dijaga sehingga Kebumen bisa tercatat pada zona hijau.

Ketua RMI Kebumen Fachrudin Achmad Nawawi menjelaskan, pertandingan ini bertujuan menjalin silaturahmi dan kekompakan pesantren. Liga santri akan berlangsung selama satu minggu, dari 18- 23 Oktober mendatang. Pemain bakal memperebutkan hadiah total senilai Rp 10 juta rupiah.

‘’Dalam kompetisi ini pertandingan menggunakan sistem liga, di mana dalam setiap grup ada 4 team yang bertanding,’’jelasnya.

Gus Fachrudin berharap melalui LOIga Santri dapat melahirkan bibit atlet dari kalangan santri untuk turut menharumkan nama Kebumen melalui bidang olahraga. Termasuk menyalurkan bakat dan prestasi mereka.

Selain Liga santri, untuk memeriahkan HSN 2021, sejumlah rangkaian kegiatan digelar. Diantaranya lomba Musabaqoh Tilawatil Qur’an, hadroh, bulutangkis dan masih banyak lagi.

“Rangkaian HSN 2021 diawali dengan Istighotsah pada awal Oktober dan acara puncaknya nanti akhir Oktober yang sekaligus penyerahan hadiah kepada pemenang,”imbuh Gus Fachrudin.

Komper Wardopo