blank

SLAWI (SUARABARU.ID) – Rumah Sakit Hawari Essa Lebaksiu, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah
bersama Himpunan Alumni Institut Pertanian Bogor (HA IPB) Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Tegal Raya dan Ikatan Alumni SMA (Ikasma) Negeri 1 Tegal berkolaborasi melaksanakan kegiatan Bakti Sosial berupa operasi bibir sumbing dan langit-langit secara gratis.

Dari 30 orang telah dilakukan operasi di rumah Sakit Hawari Essa Lebaksiu, Kabupaten Tegal pada Jumat (8/10/2021) sebanyak 11 orang dan pada Sabtu (9/10/201) sebanyak 19 orang.

Selain melaksanakan baksos operasi bibir sumbing, HA IPB DPC Tegal Raya dan Ikasma Tegal juga memberikan bantuan sejumlah Alat Pelindung Diri (APD).

“Kolaborasi dalam Baksos ini semoga bermanfaat dan meringankan beban bagi warga masyarakat yang terdampak masa pandemi Covid-19,” kata Ketua Ikasma Negeri 1 Tegal, Dr Ir Tafakurrozak.

Secara terpisah Direktur Rumah Sakit Hawari Essa, Lebaksiu, Kabupaten Tegal, dr Shella Vina Putri menyampaikan,
Baksos operasi bibir sumbing dan langit-langit merupakan rangkaian kegiatan HUT Rumah Sakit Hawari yang kedua.

“Jadi bakti sosial operasi bibir sumbing kali ini merupakan yang ke tiga kalinya. Dan tim didatangkan dari Jakarta langsung,” kata dr Shella.

Dari jumlah 30 orang pasien diutamakan khusus untuk warga masyarakat Kabupaten Tegal. Antusias warga terlihat sekali. Ada juga kemarin yang dari Malang, Jawa Timur tapi, karena keterbatasan waktu dan tempat hanya fokus di area Kabupaten Tegal.

“Baksos didukung oleh banyak pihak. Pelaksanaan bibir sumbing pada hari pertama Jumat (8/10/2021) sebanyak 11 orang dan hari Sabtu (9/10/2021) sebanyak 19 orang,” ungkap dr Shella.

Usia pasien operasi bibir sumbing minimal 3 bulan lebih. Karena apa bila pasien usia dibawah 3 bulan memiliki resiko yang sangat tinggi.

Nino Moebi