blank
Pembukaan Workshop Melukis Motif Batik oleh Founder Komunitas Diajeng Semarang, Jeng Maya Dewi

SEMARANG ( SUARABARU.ID) – Bertempat di Pangung Kuil Sam Poo Kong Semarang, Minggu ( 10 /10/10-2021) siang telah diselengarakan Workshop Melukis Motif Batik. Kegiatan kreatif ini diselenggarakan oleh Komunitas Diajeng Semarang dalam rangka Hari Batik Nasional 2021.

Menurut Founder Komunitas Diajeng Semarang, Jeng Maya Dewi kegiatan yang diikuti oleh 30 pelukis batik dari berbagai kota di Jawa Tengah ini dalam rangka persiapan even Road to Festival Payung Indonesia. Even ini rencannya akan dilaksanakan bulan Desember 2021 di Pura Mangkunegaran Surakarta.

Menurut Jeng Maya Dewi, kegiatan ini merupakan bentuk komitmen komunitas Diajeng Semarang dalam menjaga seni budaya, khususnya batik agar tetap berkembang.

blank
Ika Ria, dari Ronning Kayun Indonesia pemateri pelatihan melukis batik pada lingkaran payung

Whorshop melukis motif ini menurut Jeng Maya Dewi juga ingin menunjukkan bahwa perempuan tetap mampu berkarya dan berdaya ditengah-tengah pandemi

Dalam workshop ini dihadirkan pemateri Ika Ria dari Ronning Kayun Indonesia Yogyakarta serta Bagas Nirwana dari. Festival Payung Indonesia

Ika Ria secara khusus memberikan materi teknik melukis batik dalam lingkaran payung kertas.

Ia menjelaskan dalam melukis rasa dalam lingkaran payung ada 3 hal yang harus diperhatikan yaitu ornamen pokok, ornamen isen-isen dan ornamen pelengkap.

Dalam pelatihan ini panitia juga menyediakan hadiah untuk 3 motif payung terindah . Hadiah berasal dari Laromiz, Batik Sekar Tanjung, Cenayu Batik dan Batik Jayakarta.

Alvaros