blank
Menparekraf Sandiaga Uno memberi sambutan di di depan peserta 'Pengembangan Kabupaten Kota (Kata) Kreatif Indonesia, Workshop Pelaku Ekonomi Kreatif’ di Hotel Puri Asri, Kota Magelang, (Bag Prokompim, Pemkot Magelang)

 

MAGELANG (SUARABARU.ID) – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif minta UMKM dan kewirausahaan di Kota Magelang bangkit. Ini seiring dengan pengembangan destinasi wisata super prioritas Candi Borobudur.

Terkait itu, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) akan terus memantau geliat ekonomi pada sektor tersebut.

Menparekraf, Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan itu saat menghadiri ‘Pengembangan Kabupaten Kota (Kata) Kreatif Indonesia, Workshop Pelaku Ekonomi Kreatif’ di Hotel Puri Asri, Kota Magelang, kemarin.

Untuk Pengembangan Kata Kreatif Indonesia, lanjut  Sandi, Kota Magelang merupakan yang ke-16 dari 25 yang dibantu kurasi.

Pada acara itu Sandi berdialog dengan para pelaku ekonomi kreatif yang hadir baik dari Kota Magelang maupun Kabupaten Magelang. Upaya yang dilakukan ini untuk menciptakan lapangan kerja.

‘’Penciptaan lapangan kerja dibutuhkan di tengah pandemi, mempertahankan lapangan kerja adalah tugas dari seluruh ekosistem ekonomi, dan pemerintah memfasilitasi dengan beberapa program yang salah satu dilakukan adalah program kata kreatif ini,’’ kata mantan Wagub DKI Jakarta tersebut.

Dalam kesempatan itu diserahkan bantuan bagi pelaku UMKM dan kewirausahaan.

‘’Kami hadir untuk memberikan bantuan UMKM dan kewirausahaan. Tadi ada inovasi, ada kolaborasi, ada juga adaptasi yang kita lakukan di tengah pandemi. Ini kita harapkan mudah-mudahan tercipta geliat ekonomi dan kebangkitan pemulihan di Kota Magelang, khususnya nanti untuk mengantisipasi pariwisata yang akan terpicu oleh magnet super prioritas destinasi yaitu Borobudur,’’ tutur Sandi.

Menurutnya, pada era 4.0 ini tidak bisa dilakukan dengan cara-cara yang lama. Untuk itu, diperlukan adanya upskilling dan reskilling.

‘’Kita butuh upskillling dan reskillling. Jadi tidak bisa lagi menggunakan cara-cara lama yang sama dalam menghadapi era inovasi 4.0. Karena itu program upskilling dan reskilling ini kami fasilitasi,’’ ujarnya.

Sandi menyampaikan, geliat ekonomi dan UMKM Kota Magelang menghadapi destinasi super prioritas Borobudur akan dilaporkan kepada Presiden Joko Widodo.

‘’Akan saya laporkan kesiapan dari destinasi super prioritas Borobudur yang ditopang oleh geliat Kota Magelang menyiapkan diri menghadapi lonjakan pariwisata dengan protokol kesehatan dengan integrasi aplikasi PeduliLingdungi. Kita harapkan akan menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari pembukaan kembali kegiatan ekonomi dan pariwisata ekonomi kreatif di Kota Magelang,’’ ungkapnya.

Wali Kota Magelang Muchamad Nur Aziz berharap,   dengan kunjungan Menparekraf diharapkan produk-produk di Kota Magelang semakin dikenal di seluruh Indonesia maupun luar negeri.

‘’Saya mengucapkan terima kasih atas kunjungan Pak Menteri. Alhamdulillah Magelang menjadi salah satu tempat yang dikunjungi beliau. Mudah-mudahan dengan kunjungan ini, Kota Magelang semakin dikenal dan produk-produknya bisa diterima di seluruh Indonesia maupun di luar,”  kata Azis.

 

Penulis : Prokompim/Pemkot Magelang

Editor   : Doddy Ardjono