blank
Warga desa Kalarejo gotong royong membangun rumah warga di desa Kalangrejo, Kecamatan Kunduran. Foto: Ist

BLORA (SUARABARU.ID) – Di pedesaan ternyata kegiatan bersama – sama yang sejak dulu ada, masih dilestarikan hingga kini, seperti halnya warga desa Kalangrejo, Kecamatan Kunduran gotong royong membantu membangun rumah salah seorang warga di desa setempat.

Warga setempat berniat ikhlas membantu meringankan perkerjaan masyarakat, pada kesempatan itu dilakukan pula oleh Bhabinkamtibmas desa Kalangrejo Polsek Kunduran Polres Blora  Aipda Sugito, dan Babinsa membantu ikut serta melakukan kegiatan gotong royong membangun rumah salah seorang warga di desa Kalangrejo, Jumat (08/10/2021).

Dikatakan oleh Bhabinkamtibmas Aipda Sugito bahwa kegiatan tersebut bisa mempererat kebersamaan serta kedekatan bersama warga, Bhabinkamtibmas dan Babinsa.

“Ikut mempelopori kerja bakti bersama warga adalah tujuan Polri, tidak hanya bertugas mengamankan wilayah tetapi dalam hal kerja bakti, Polri ikut hadir di tengah masyarakat sebagai contoh kepada warga masyarakat,” jelas Bhabinkamtibmas Aipda Sugito.

Ditambahkan oleh Babinsa Kalangrejo, bahwa dengan membiasakan ikut berpartisipasi pada masyarakat bhabinkamtibmas bisa lebih dekat dengan masyarakat sehingga dapat membantu tugas kepolisian dalam ikut menjaga keamanan dan ketertiban.

“Ini penting bagi TNI Polri khususnya untuk membina keakraban dan kedekatan dengan warga binaan sehingga, memudahkan komunikasi dalam mewujudkan situasi kamtibmas yang kondusif dan aman dilingkungan masyarakat,” ucap Babinsa Kalangrejo.

Sementara itu, Kepala Desa Kalangrejo, Mulyanto mengatakan bahwa kegiatan gotong royong sebagai salah satu cara untuk memupuk budaya gotong royong di tengah masyarakat yang saat ini mulai ditinggalkan dan juga mengajak masyarakat untuk membiasakan dan membudayakan gotong royong.

“Karena dengan gotong-royong pekerjaan cepat selesai, dan tak lupa terima kasih kepada Bhabinkamtibmas dan Babinsa, tadi beliau juga berpesan agar dalam kehidupan masyarakat tetap disiplin dalam protokol kesehatan,” jelas Mulyanto.

Apa yang dilakukan oleh Bhabinkamtibmas dan Babinsa mendapat respon positif dari warga desa Kalangrejo, salah satunya adalah Sumarno. Ia mengaku senang dengan aktifnya Bhabinkamtibmas dan Babinsa di desanya.

“Alhamdulilah dengan kehadiran pak Bhabin, warga jadi lebih semangat dan pekerjaan cepat selesai dengan gotong royong bersama,” kata Sumarno.

Pada kesempatan yang lain, Kapolsek Kunduran AKP Sudarno,SH mendukung penuh apa yang dilakukan oleh anggotanya, selaku Bhabinkamtibmas terus mendorong dan membangkitkan semangat gotong-royong di desa binaannya.

“Apa yang dilakukan Aipda Sugito sudah tepat, sebagai Bhabinkamtibmas tentunya harus aktif dalam setiap kegiatan masyarakat. Apalagi saat mereka membutuhkan bantuan,” tandas Kapolsek Kunduran.

Kudnadi