blank
Rektor USM Andy Kridasusila dan Wakil Rektor I bidang akademik Telkom University Dr Dadan Rahadian Saling Tukar cindera mata

BANDUNG– Universitas Semarang (USM) melakukan benchmarking ke Telkom University Bandung dan diterima oleh Wakil Rektor I bidang akademik Dr Dadan Rahadian pada Jum’at (1/10).

Kegiatan diikuti oleh Rektor USM Andy Kridasusila SE MM, Wakil Rektor I Prof Dr Hardhani Widiastuti, Wakil Rektor II Prof Dr Ir Sri Budi Wahjuningsih MP, Wakil Rektor III Dr Supari MT, dan kepala UPT Komputer Saiful Hadi MKom.

Wakil Rektor I bidang akademik Dr Dadan Rahadian menyampaikan bahwa Telkom University bagian integral dari PT Telkom yang merupakan BUMN dan berkontribusi kepada negara melalui pendidikan. Kampus Telkom University memiliki luas tanah 50 hektare pemberian dari Telkom, saat ini 40 program studi baik reguler maupun PJJ, sampai tahun 2023 akan tumbuh sampai 70 program studi.

“Untuk membangun soft skill, mahasiswa tahun pertama selama dua semester wajib masuk asrama, bukan hanya manusia yang memliki kompetensi tapi juga soft skillnya, namun saat pandemi mahasiswa dirumah masing-masing” ungkap Dadan.

Rektor USM Andy Kridasusila mengatakan bahwa tujuan benchmarking ke Telkom University adalah untuk saling tukar pikiran terkait pengelolaan IT dalam perguruan tinggi apalagi saat Telkom University pada Webometric meraih peringkat 1 di Indonesia.

“Pandemi covid-19 menjadikan peran IT sangat penting karena hampir semua aktifitas dilakukan secara online sehingga IT menjadi yang utama apalagi USM memiiliki visi bahwa lulusan USM harus beradab, berkeindoensaiaan, dan berwawasan IT” ungkap Andy.

“USM sangat peduli terhadap perkembangan IT, tahun 2030 kita punya kebutuhan digital yang besar, star up dan lain-lain sangat digalakkan, kami dibawah Yayasan Alumni Undip berharap bisa berkembang pesat seperti Telkom University” tambahnya.

Menurutnya USM saat ini memliki sarana dan prasarana yang bagus apalagi dengan dibangunnya Gedung Menara USM 10 lantai yang dilengkapi dengan perpusatakaan berstandar internasional, ruang multimedia, ruang seminar, kolam renang , dan fasilitas lain akan menambah semangat mahasiswa untuk meningkatkan prestasi baik akademik maupun non akademik.

Pada benchmarking tersebut, rombongan USM diajak keliling kampus melihat sarana dan prasarana kampus Telkom University seperti data center, perpustakaan, hel desk IT, dan lain-lain.

Saiful Hadi – USM