blank
Bupati Jepara Dian Kristiandi saat mencoba menghidupkan kendaraan yang digunakan sebagai hadiah

JEPARA ( SUARABARU.ID) – Walaupun Pandemi Covid-19 masih berlangsung hingga saat ini, tidak mengurangi kesadaran warga Jepara untuk membayar Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB P2).

Bahkan realisasi penerimaan pajak daerah justru mengalami kenaikan hampir 20 persen.

Hal ini dikatakan Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Jepara, Ronji, Kamis (30/9/2021).

“Pelunasan PBB P2 periode 1 Januari 2021 sampai 15 Agustus 2021, sebesar Rp108,97 miliar atau naik Rp17,8 miliar dibanding periode yang sama tahun 2020. Kenaikan itu setara 19,61 persen,” kata Ronji saat memberi laporan pada acara penarikan undian PBB P2 Kabupaten Jepara tahun 2021 yang berlangsung di Gedung Shima, Jepara.

Acara ini dihadiri Bupati Dian Kristiandi, para kepala perangkat daerah, serta camat di Jepara.

Menurut Ronji, sepanjang 1 Januari hingga 15 Agustus 2020, realisasi PBB P2 yang berhasil dihimpun BPKAD Kabupaten Jepara hanya sebesar Rp91,1 miliar.

Semakin tingginya penghimpunan PBB P2 ini menurut Ronji, diapresiasi dengan hadiah undian untuk para wajib pajak PBB P2. Wajib pajak yang berhak mengikuti undian adalah yang membayar pajaknya pada periode 1 Januari hingga 15 Desember tahun berjalan.

Hadiah utama 1 unit sepeda motor diundi untuk seluruh wajib pajak PBB P2 di wilayah Kabupaten Jepara. Hadiah lain berupa 16 unit TV pintar 32 inci, disediakan masing-masing 1 unit di setiap kecamatan.

Dalam penarikan undian yang dilakukan Bupati Dian Kristiandi, hadiah utama dimenangkan oleh Munipah, warga Desa Krapyak, Kecamatan Tahunan. Secara simbolis, hadiah diserahkan bupati kepada camat setempat melalui Asisten II, Wasiyanto.

Bupati Dian Kristiandi dalam kesempatan tersebut memberi apresiasi kepada Bank Jateng yang dalam posisinya sebagai mitra BPKAD menghimpun pajak daerah, bersedia memberikan hadiah undian.
“Ini akan memudahkan kami dalam rangka mengejar target pajak daerah. Undian ini saya harap menjadi dorongan bagi wajib pajak untuk menyelesaikan kewajiban membayar pajak,” tandasnya.

Hadepe