blank
Kepala Seksi Seni Budaya Islam, Musabaqah Alquran dan Alhadits Bidpenaisdayazawa Kanwil Kemenag Provinsi Jateng, Nining Indrawati, berfoto bersama Idham Umasangadji dan Staf Ahli Gubernur Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik, Abuhari Hamzah, di sela-sela peninjauan arena STQ. Foto: dok/ist

TERNATE (SUARABARU.ID)– Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, dan Kafilah Provinsi Jateng ditunggu warga Maluku Utara, untuk mengikuti Seleksi Tilawatil Quran (STQ) di Sofifi, Provinsi Maluku Utara, pada 14-23 Oktober mendatang.

Hal itu disampaikan Asisten 1 Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Pemprov Maluku Utara, Idham Umasangadji, saat menerima tim survei Kafilah Jateng, Senin (20/9/2021).

”Kami sampaikan rasa terima kasih, atas kehadiran tim survei dari Jateng ke Sofifi. Kehadiran ini dapat merekatkan silaturahmi, serta dapat mengetahui situasi dan kondisi yang ada di Sofifi. Kami juga berharap, Pak Ganjar bisa hadir, karena beliau sangat terkenal di Maluku Utara,” ungkap Idham.

BACA JUGA: Bupati Jepara Bantu 3 Warga Rau Korban Puting Beliung

Menurut dia, sejumlah upaya terus dilakukan panitia daerah, untuk menyiapkan arena dan fasilitas penginapan bagi para kafilah dari 34 provinsi, yang jumlahnya mencapai 1.300 orang.

”Salah satunya dengan mempercepat penyediaan fasilitas penginapan para kafilah yang menempati rumah dinas ASN Pemprov Maluku Utara, serta venue yang akan digunakan dalam kegiatan STQ Nasional,” imbuhnya.

Sedangkan Koordinator Tim Penghubung/LO (Liaison officer) Syahruddin, dari Biro Umum Pemprov Maluku Utara, menyebutkan, pihaknya berupaya memberikan pelayanan terbaik untuk kafilah Jateng, selama berada di Maluku Utara.

BACA JUGA: Kota Semarang Siap Mengoperasikan Bus Listrik, Wali Kota Uji Coba Hari Ini

”Kami sebagai tim penghubung yang ditunjuk Panitia Daerah STQ Nasional, akan berupaya memberikan yang terbaik dalam melayani kafilah STQ Nasional dari Jawa Tengah. Kami siap melayani kafilah Jawa Tengah sejak dari kedatangan tim survei,” tegas Syahruddin.

Sementara itu, Kepala Seksi Seni Budaya Islam, Musabaqah Alquran dan Alhadits Bidpenaisdayazawa Kanwil Kemenag Provinsi Jateng, Nining Indrawati menjelaskan, kehadiran tim survei selama empat hari di Sofifi ini, bertujuan meninjau secara langsung situasi dan kondisi lokasi kegiatan STQ Nasional.

”Kami berharap saat kafilah Jateng tiba di Sofifi termasuk Gubernur, Wakil Gubernur dan Kepala Kanwil Kementerian Agama, tidak ada masalah. Penginapan kafilah Jateng dimana, transportasinya bagaimana, kesiapan konsumsi dan akomodasi bagaimana, semua kami kami lihat secara langsung,” urai Nining.

BACA JUGA: Dana Pesantren Turun, PWNU Jateng Berterima Kasih pada PKB

Dia juga mengungkapkan kekagumannya atas sambutan luar biasa tim LO dari Biro Umum Pemprov Maluku Utara.

”Ketika tim survei keluar dari bandara Babullah, kami telah disambut Tim LO dengan penyambutan yang luar biasa dan penuh kehangatan. Kami juga dipandu untuk melakukan survei lokasi STQ Nasional, bahkan kami difasilitasi untuk melakukan tes Swab Antigen,” terang Nining.

Sejauh pengamatan tim survei, lokasi kegiatan sudah disiapkan secara maksimal. Dijadwalkan, pelaksanaan STQ Nasional XXVI rencananya dibuka Presiden RI Jokowi, sekaligus meresmikan Masjid Raya Sofifi Maluku Utara.

Riyan