blank

SEMARANG – Himpunan Mahasiswa Teknologi Informasi (Himmatisi) Universitas Semarang (USM) menggelar workshop design grafis dengan tema “Membangun Bisnis yang profesional Menggunakan Teknologi Informasi” pada Sabtu, (18/9) secara daring.

Workshop yang menghadirkan narasumber Radinal Ridwan seorang konten kreator di Youtube dan instagram, aktif sebagai Canva Certified Creative ini diikuti 155 peserta dari berbagai provinsi di Indonesia dan dibuka oleh Kaprogdi Teknik Informatika April Firman Daru, S.Kom., M.Kom.

Dekan FTIK USM Susanto, M.Kom memberikan apresiasi kepada panitia sehingga kegiatan bisa berjalan dengan baik dan diikuti banyak peserta bukan hanya dari USM tapi juga mahasiswa dan siswa luar USM.

Sebanyak 9 perguruan tinggi ikut berpartisipasi dalam acara tersebut antara lain perguruan tinggi dari Semarang, Bengkulu, Surakarta, Jakarta, Yogyakarta, Cirebon dan Surabaya.

blankMenurut ketua panitia Dea Indri Kusuma bahwa kegiatan ini menghadirkan narasumber yang kompeten dan peserta mendapatkan materi tentang desain grafis, teknik dan trik membuat desain grafis dengan canva, dan lain-lain.

“Kegiatan workshop ini bertujuan untuk membentuk kreativitas para peserta dengan meningkatkan keahlian desain grafis untuk membangun bisnis.” ungkap Dea.

Dalam paparannya Radinal Ridwan menyampaikan Canva adalah alat desain berbasis website/aplikasi untuk membuat desain grafis sederhana maupun profesional.

StartUp Aplikasi Desain yang dibuat oleh Miss Melanie Perkins ini diperuntukkan semua kalangan baik desainer maupun bukan desainer.

“Desain adalah suatu perencanaan atau perancangan yang dilakukan sebelum pembuatan suatu objek, sistem, komponen, atau struktur yang memiliki nilai keindahan dan berguna, khususnya dalam dunia bisnis, kunci dari kesuksesan dalam dunia bisnis salah satunya adalah menariknya desain dalam pemasarannya” ungkap Ridwan.

“Desain dan bisnis memiliki seni masing-masing, jika kita berfikir sebagai penonton saja kita akan tertinggal jauh. Jangan malu dan jangan pernah menyerah untuk mencoba. Saya juga bukan anak desain, pertama kali harus belajar desain itu saat membuat konten jualan di sosial media untuk brand sendiri” tambahnya.

Radinal Ridwan juga menambahkan aplikasi canva sangat diperlukan untuk membuat desain tanpa perlu menginstall aplikasinya.

Menurutnya didalam tools canva juga banyak terdapat desain dan animasi yang bisa dengan mudah kita edit didalamnya tanpa perlu mendesainnya dari awal. Canva sangat cocok bagi pemula karena dengan fitur drag dan Dropnya dapat membantu dalam membuat desain apapun dengan sangat cepat.

Saiful Hadi – USM