blank
Petugas kesehatan sedang menyuntikan vaksin kepada salah satu warga.(FOTO"SB/Sapawi)

KENDAL(SUARABARU.ID)– Pemerintah Desa Sidomukti Kecamatan Weleri, menggelar vaksinasi dosis pertama bagi warga usia produktif di Balai Desa setempat, Kamis (16/09/2021).

Vaksinasi dosis pertama ini, menyasar pada usia 12 tahun keatas dengan kuota yang disediakan sejumlah 526 vial.

“Kami menggelar vaksinasi ini untuk usia 12 tahun keatas, Alhamdulillah warga kami sangat antusias. Kuota yang kami sediakan jumlahnya 526 vial, namun warga yang mendaftar lebih dari 539 orang,” kata Kepala Desa Sidomukti, Pujiono.

Pujiono menjelaskan bahwa, untuk proses pendaftaran, warga langsung mendaftar melalui ketua RT/ RW dengan membawa identitas diri dan nomor handphone.

“Untuk pendaftaran, mekanismenya warga melalui RT atau RW masing-masing, kemudian warga akan diberikan jadwal jam datangnya untuk antri,” ucap Pujiono.

Menurut Pujiono, pihak Pemdes sudah mengatur mekanisme pelaksanaan vaksinasi agar tidak menimbulkan kerumunan.

“Jadi kami buat jadwal berurutan mulai dari RW satu dan seterusnya. Mudah- mudahan dengan jadwal tersebut bisa terlaksana dengan lancar dan sesuai prokes. Jadi kalau sudah diatur jamnya warga tidak datang berbondong-bondong yang berpotensi menimbulkan kerumun,”ujarnya.

Koordinator vaksinasi dari Puskesmas Weleri I, Jutifa mengatakan, vaksinasi yang diselenggarakan Pemdes Sidomukti ini, merupakan vaksin jenis Sinovac dengan petugas vaksin sebanyak 18 orang.

“Petugas vaksinasi kami ada 18 orang yang dibagi menjadi empat tim. Insyaallah jumlah 526 ini bisa kami selesaikan hari ini juga,” jelas Jutifa.

Jutifa berharap adanya vaksinasi yang digencarkan pemerintah bisa memutus mata rantai Covid-19, sehingga masyarakat bisa kembali menjalani kehidupan normal.

“Harapannya, karena antusias masyarakat yang tinggi dalam mengikuti vaksinasi ini, kami segera terbebas dari Covid-19,”ucapnya.

Sementara salah seorang warga, Vian (25) mengaku senang bisa mengikuti vaksinasi di desanya.

“Alhamdulillah saya bisa ikut vaksin, apalagi pendaftarannya mudah. Semoga dengan vaksin ini, saya bisa terbebas dari Covid-19,”ungkapnya. Sapawi