blank
Ketua GPMB Kebumen 2021-2025 Komper Wardopo menandatangani berita acara disaksikan Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kebumen Dwi Suliyanto.(Foto:SB/Ist)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Pengurus Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca (GPMB) Kabupaten Kebumen 2021-2025 dikukuhkan dan dilantik oleh Ketua Umum GPMB Pusat Dr Tjahjo Suprajogo MSi secara daring, Kamis (9/9).

Para pengurus GPMB Kebumen mengikuti pelantikan di Ruang Teater Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Disarpus) Kabupaten Kebumen, Jalan Veteran. Acara dihadiri Kepala Kantor Kemenag Kebumen Panut SPd MM, Sekretaris Dispermades P3A Siti Nuriatun Fauziah dan dari Disdik.

Selanjutnya diisi penandatanganan berita acara dan penyerahan Pataka dari Kepala Disarpus Kebumen Dwi Suliyanto kepada Ketua GPMB Kebumen Komper Wardopo.

Pelantikan pengurus GPMB serentak daring kali ini melibatkan beberapa provinsi. Seperti Provinsi Nusa Tenggara Barat, Kepulauan Bangka Belitung, dan Kepulauan Riau.

Selain itu juga melibatkan Provinsi Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Jawa Barat, Bali, Papua, dan Kota Bitung, Kabupaten Minahasa, Kabupaten Kebumen, serta Kabupaten Grobogan.

blank
Pengurus GPMB Kebumen berfoto bersama Kepala Kemenag Kebumen Panut dan Kepala Disarpus Dwi Suliyanto di Ruang Teater Disarpus.(Foto:SB/Ist)

Ketua Umum GPMB Pusat Tahjo Suprajogo berterima kasih kepada Kepala Perpustakaan Nasional RI serta Dinas Kearsipan dan Perpustaakan provinsi hingga kabupaten dan kota yang selama ini memfasilitasi terbentuknya kepengurusan GPMB di Pusat, provinsi dan kabupaten kota.

Menurut Tjahjo Suprajogo, GPMB pada oktober 2021 nanti telah berusia 20 tahun. Merupakan organisasi sosial yang bertujuan meningkatkan kegemaran membaca dan belajar sepanjang hayat.  Namun belum  semua provinsi dan kabupaten kota terbentuk kepengurusan.

Tugas mulia GPMB sesuai pembukaan UUD 1945 yakni mencerdaskan kehidupan bangsa melalui peningkatan minat dan kegematan membaca dan literasi (reading society) serta mendorong budaya belajar (learning society) sepanjang hayat.

Tjahjo menjelaskan, Arah Kebijakan dan Aksi Nasional GPMB dan AD ART yang baru yakni tiga hal. Pertama, penguatan organisasi dan peran GPMB di Pusat hingga daerah. Kedua, program kerja melalui kegiatan strategis dalam meningkatkan minat baca secara nasional. Ketiga, membangun jejaring serta kerja sama dengan berbagai pihak, baik Pemerintah Pusat dan daerah hingga dengan lembaga dalam negeri dan luar negeri.

Wadah Perjuangan

Di akhir sambutan Tjahjo mengingatkan pesan Kepala Perpustakaan Nasional RI Muhammad Syarif Bando, menjadi pengurus GPMB di pusat dan daerah bukan wadah sekadar pasang nama agar terlihat keren. Namun sebagai wadah perjuangan menggelorakan bendera perang menjawab penilaian dunia internasional mengenai rendahnya minat baca bangsa ini.

Kepala Disarpus Kebumen Dwi Suliyanto yang mewakili Bupati Arif Sugiyanto menyampaikan selamat kepada pengurus yang telah dikukuhkan. Pihaknya mendorong terbentuknya GPMB yang memiliki misi mulia bisa meningkatkan budaya membaca dan kecerdasan masyarakat.

blank
Pengurus GPMB Kebumen menjawab pertanyaan Ratih TV Kebumen.(Foto;SB/Ist)

Susunan Pengurus GPMB Kebumen 2021-2025 Pelindung Bupati Kebumen. Pembina Kepala Disarpus, Sekretaris Disarpus dan Kepala Bidang Perpustakan Disarpus.

Ketua Komper Wardopo, Wakil Ketua Sigit Asmodiwongso SPd, Sekretaris 1 Teguh Hindarto SSos MTh, Sekretaris 2 Hendri Unduh Nurmawan MPd. Bendahara Tri Winarni SE MM. Bidang Organisasi dan Keangotaan Ir Chusni Ansori MT, Ari Susanto SIP, Muchamad Fauzi SPd (Putu Jagat).

Bidang Humas Publikasi dan Dokumentasi Kasi Penyiaran Media Elektronik Diskominfo Kebumen Pandu Purwa, Rezki Abdullah Fauzi, Yogi Permana.

Bidang Pendidikan, Pelathan dan Promosi Martiyono MPd, Eko Wahyudi SPd. Bidang Usaha Dana dan Umum Rani Yunita SHum, Dewi Indri Astuti SP MM, Alona Novensa Santhio SDs.

Bidang Kerja sama Pengembangan  dan Pengkajian Gemar Membaca Hargo Yohanes, Ahmad Sibromalisi SIP, Supriyono SIPust, Novanda Alim SN, SS MHum.

Komper Wardopo