Tangkapan layar suasana webinar. Foto: Ist

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Pusat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (P3M) Stiepari Semarang bekerja sama dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas STEKOM menyelenggarakan webinar.

Tema webonar “Kiat Sukses Tembus Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Hibah Kemendikbud-Ristek” pada tanggal 3 September 2021.

Menurut Trenggono MPar dari Stiepari, webinar ini merupakan kegiatan kolaborasi pertama dari P3M Stiepari Semarang dengan LPPM Universitas Stekom Semarang sebagai implementasi kesepakatan kerja sama antara STIEPARI Semarang dengan Universitas STEKOM.

Tampil sebagai narasumber Nina Mistriani SE, MMPar (dosen STIEPARI) dengan materi “Roadmap dan Metode Pengabdian Masyarakat”, Zaenal Mustofa SKom, MKom (dosen Universitas STEKOM) dengan materinya “Strategi Tembus Penelitian Hibah”, dan Nuris Dwi Setiawan, SKom, MT dengan materi “Pelaporan Hibah Kemendikbud Ristek”.

Acara ini dibuka dosen Universitas STEKOM Febryantahanuji MSi, MKom diawali dengan bincang-bincang singkat antara Ketua LPPM Universitas Stekom Danang, SKom, MT dan Kepala P3M Stiepari Semarang Dr. Andhi Supriyadi., ST., SE., MM., MH.

Pembahasanmengenai bagaimana strategi dari LPPM atau P3M dalam berstrategi meraih hibah Kemendikbud Ristek baik dari segi kualitas maupun kuantitas.

Ketiga narasumber memberikan pemaparan yang saling berkesinambungan baik dari kegiatan pengabdian masyarakat maupun penelitian, dengan Dani Sasmoko., M.Eng. Antara lain tentang bagaimana membuat proposal hibah penelitian dan pengabdian masyarakat yang berkualitas sehingga bisa lolos seleksi dan mendapatkan dana hibah.

Juga mengenai strategi-strategi yang perlu dilakukan juga disampaikan selama pemaparan. Selain penyusunan proposal, juga dipaparkan mengenai bagaimanakah pelaporan dari kegiatan penelitian dan pengabdian dari hibah kemendikbud ristek. Pelaporan yang benar dan sesuai dengan peraturan yang ada disampaikan secara terperinci oleh pemateri.

Diskusi antara pemateri dan peserta berlangsung secara interaktif dan saling mengisi satu dengan yang lainnya. Sehingga tujuan dari diadakannya webinar ini bisa tercapai yaitu peserta lebih memahami bagaimana mempersiapkan proposal dan nantinya lebih cermat dalam pelaporannya.

Peserta webinar terdiri dari dosen-dosen dari Universitas STEKOM, STIEPARI Semarang dan dosen-dosen dari perguruan tinggi seluruh Indonesia. dan disiarkan secara live Zoom dan Livestreaming Youtube.

Acara webinar kolaborasi ini harapannya menjadi awal dari kegiatan kolaborasi antara STIEPARI Semarang dan Universitas STEKOM dalam dharma Penelitian, Pengabdian Masyarakat serta luaran dari kedua dharma tersebut, seperti yang disampaikan oleh Kepala P3M STIEPARI Semarang dalam penutupan acara.

Selain itu ketua LPPM Universitas STEKOM menyampaikan harapannya bahwa tahun ini akan ada proposal-proposal hibah yang merupakan hasil dari kolaborasi antara dosen-dosen Universitas STEKOM dan STIEPARI untuk diajukan ke Kemendikbud Ristek.

wied

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here