blank
Menpora Zainudin Amali. (Dok Kemenpora)

 

 

JAKARTA (SUARABARU.ID) – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali mengapresiasi MyEduSolve sebagai penggagas kompetisi Microsoft Office Specialist & Adobe Certified Professional National Championship 2021. hal itu disampaikan Menpora Amali saat memberikan sambutan secara virtual pada pembukaan acara tersebut.

 

“Saya sangat mengapresiasi penggagas kegiatan ini yakni lomba Microsoft Office Specialist & Adobe Certified Professional National Championship 2021 yang diselenggarakan mulai dari tanggal 26-29 Agustus 2021,” ujar Menpora Amali, Kamis (26/8) di Jakarta.

 

Menurutnya, kreatifitas seperti ini harus didukung dan diberi ruang serta kesempatan  untuk mengekspresikan apa yang menjadi inovasi dan kreatifitas anak muda. “Saya  sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga sangat senang dengan kegiatan ini dan kami mendukung ini dengan  harapannya bisa diselenggarakan setiap tahun dan pemenangnya akan juga bisa berkontrubusi untuk perkembangan di bidang ilmu pengetahuan dan  teknologi,” jelasnya.

 

Selain itu, Menpora Amali juga mengapresiasi panitia penyelenggara dan Ketua Umum Masyarakat Ilmu Pemerintahan Indonesia  yang turut mendukung kompetisi  ini. “Saya juga mengapresiasi panitia  penyelenggara dan  Ketua Umum Masyarakat Ilmu Pemerintahan Indonesia yang juga sebagai Dirjen Jenderal (Dirjen) Politik dan Pemerintahan Umum (Politik dan PUM) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Bahtiar yang memberikan dukungan kepada kreatifitas anak muda ini,” tuturnya.

 

Pada kesempatan tersebut, Menpora Amali meningatkan bahwa ke depan Indonesia akan menghadapi bonus demografi. Menurutnya,  dalam menyongsong bonus demografi,   anak muda harus  mampu beradaptasi dengan ilmu pengetahuan dan teknologi.

 

“Ke depan kita akan berhadapan dengan bonus demografi dimana  usia produktif akan lebih banyak. Tentu dibutuhkan generasi muda, genarasi milenial yang punya kemampuan untuk beradaptasi dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dan juga bisa mempunyai daya saing serta kemandirian. Karena hal itulah,  yang akan menjadi modal untuk bersaing ke depan,” ucapnya.

 

Tetkait hal ini, menurut Menpora Amali,  negara-negara maju selalu  mendorong perkembangan  ilmu pengetahuan dan teknologi bagi genarasi mudanya. “Tentunya kita sebagai bangsa yang besar yang dihuni oleh  267 juta jiwa tidak boleh ketinggalan,” katanya.

 

Menpora Amali berharap pelaksanaan kompetisi ini bisa menjadi inspirasi buat anak muda dan lingkungan sekitarnya.  “Saya berharap pelaksanaan kompetisi ini bisa menjadi inspirasi buat lingkungan sekitarnya dan juga untuk membangkitkan rasa optimisme dikalangan anak muda, dikalangan kaum milenial. Mudah-mudahan siapapun yang juara di kompetisi ini bisa menjadi role model bagi kalangan anak muda kita.

 

Kompetisi Microsoft Office Specialist & Adobe Certified Professional National Championship 2021 untuk pelajar berusia 13-22 tahun. Adapun peserta yang mengikuti kompetisi ini sekitar 500 peserta  Microsoft Office Specialist dan 65 peserta Adobe National Championships yang berasal dari 46 sekolah  di seluruh Indonesia.

 

Dari total empat kategori lomba, 6 orang pemenang akan mewakili Indonesia di tingkat internasional, yakni Microsoft & Adobe Virtual World Championships yang akan berlangsung bulan November mendatang.(rep)