blank
Komandan Kodiklatau Marsekal Madya TNI Tatang Harlyansyah, S.E., M.M. menyerahkan ijasah kepada siswa terbaik Semata PK TNI AU A-81, pada upacara Penutupan Pendidikan Semata PK TNI AU Angkatan ke-81 di Lapangan Dirgantara Lanud Adi Soemarmo. Foto: Dok/Lanud

KARANGANYAR(SUARABARU.ID) – Sebanyak 490  tamtama dilantik  sebagai prajurit TNI Angkatan Udara(AU) Republik Indonesia.

Pelantikan dan pengambilan sumpah prajurit baru dipimpin Komandan Kodiklatau Marsekal Madya TNI Tatang Harlyansyah, SE, MM dalam upacara militer Penutupan Pendidikan Pelantikan dan Penyumpahan Semata PK TNI AU Angkatan ke-81 di Lapangan Dirgantara Lanud Adi Soemarmo, Karanganyar, Jumat (27/8).

Komandan Kodiklatau Marsekal Madya TNI Tatang Harlyansyah dalam amanatnya menegaskan,  terjadinya perubahan status sipil menjadi militer, membawa konsekuensi yang tidak boleh diabaikan, karena sudah pasti penuh resiko dan tantangan.

“Jadilah seorang prajurit yang berdedikasi, disiplin, loyal, patuh dan taat kepada pimpinan, serta yang selalu mengedepankan kepentingan dinas di atas kepentingan pribadi,” tegasnya.

Marsdya tatang mengucapkan selamat kepada seluruh mantan siswa. “Jadikan momen yang istimewa ini sebagai langkah awal menuju keberhasilan dalam melaksanakan pengabdian kepada nusa dan bangsa melalui TNI AU yang kita banggakan,” tandas dia.

Dikatakan, menyikapi kondisi saat ini dimana telah menjadi pandemi global di seluruh dunia yang karena penyebaran covid-19, maka sesuai anjuran pemerintah untuk menerapkan protokol kesehatan. Terkait hal tersebut, maka pada upacara Penutupan Pendidikan Semata PK TNI AU angkatan ke-81 ini dilaksanakan secara terbatas.

Secara terpisah dari Kapentak Lanud Adi Soemarmo Kapten Sus Bambang Supriyatno diperoleh keterangan, pendidikan Semata PK TNI AU Angkatan ke-81 diikuti 490 Siswa. Pendidikan berlangsung selama lima bulan di Skadron Pendidikan 404 Lanud Adi Soemarmo.

Prajurit Dua, Alan Kailey dari Desa Lor Kecamatan Aru Selatan, Kepulauan Aru, terpilih menjadi siswa terbaik Semata PK TNI AU Angkatan ke-81. Hadir pada Upacara Penutupan dan Pelantikan ini, Komandan Lanud Adi Soemarmo Marsekal Pertama TNI Agus Setiawan, S.T. , Dandepohar 50 Kolonel Lek Hadi Siswoyo dan para pejabat Lanud Adi Soemarmo.

Bagus Adji