blank
Masyarakat dan aparat di Kecamatan Poncowarno,Kebume merayakan Detik-detik Proklamasi 17-08-2021 berdiri di jalan menghormati Sang Merah Putih.(Foto:SB/Ist)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) –  Di tengah pembatasan karena pandemi Covid-19, tak menghalangi masyarakat Kebumen merayakan 17 Agustus 2021 meski secara sederhana.

Seperti dilakukan warga Kecamatan Poncowarno di utara Kutowinangun ini cukup spontan namun unik dalam menyambut Detik-detik Proklamasi.

Tepat sekitar Pukul 10.17, warga memilih berhenti sejenak dari aktivitas guna  menghormati Peringatan Detik-detik Proklamasi, meski di tengah jalan. Masyarakat berkumpul di tengah jalan dekat pasar tradisional dan melakukan hormat bendera serta berdiri sikap sempurna.

Pelaksanaan yang dikawal oleh Polsek Poncowarno berjalan khidmat. Kapolres Kebumen AKBP Piter Yanottama melalui Kasi Humas Polres Iptu Tugiman mengapresiasi apa yang dilakukan oleh warga sekitar Poncowarno.

blank
Warga Poncowarno, Kebumen, dan aparat berdiri menghormati Detik-detik Proklamasi 17 Agustus 2021/(Foto;SB/Ist)

“Sangat luar biasa dan unik pelaksanaan Detik-detik Proklamasi di Poncowarno. Warga begitu kompak bersama aparat,”jelas Iptu Tugiman.

Bendera Merah Putih ikut dikibarkan di simpang empat Pasar Poncowarno. Selanjutnya warga  berkumpul, namun tetap memathi protokol kesehatan (prokes)memakai masker.

Sejenak aktivitas di Pasar Poncowarno yang juga wilayah pemekaran itu dihentikan warga saat sirine Detik-detik Proklamasi dibunyikan guna menghormati momen bersejarah tersebut.

Aparat Desa Poncowarno, petugas Puskesmas, hingga Polsek dan Koramil serta warga spontan berkumpul dengan sikap tegak menghormat Merah Putih.Pemandangan tersebut menarik dan menggambarkan sikap nasionalisme tepat di Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Indonesia ke-76.

Komper Wardopo