blank
Kasatlantas Polres Wonosobo AKP Sugito SH mengatur antrian warga agar berjarak. Foto : SB/Muharno Zarka

WONOSOBO (SUARABARU.ID) – Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 bagi masyarakat umum di Polres Wonosobo kini masih terus berlangsung. Ratusan warga antusias untuk mengikuti vaksinasi gratis tersebut.

Karena jumlah peserta vaksin cukup banyak, aparat kepolisian mengatur barisan warga yang antri mau vaksin untuk berjarak agar tidak menimbulkan kerumunan dan keramaian.

Peserta vaksin diminta berdiri berjajar dengan tetap menjaga jarak antara satu dengan lainnya. Garis menggunakan tali ravia dan tanda silang dibarisan dibuat guna memisahkan antrian warga agar tidak saling bedekatan.

Salah satu aparat kepolisian menggunakan mikrofon, tak henti-hentinya menghimbau agar warga tetap menjaga jarak dan menggunakan masker secara benar, sembari menunggu antrian untuk disuntik vaksin Covid-19 oleh tim medis.

Kapolres Wonosobo, AKBP Ganang Nugroho Widhi SIK MT, di sela-sela memantau pelaksanaan vaksin, Kamis (12/8), mengatakan Polres menggelar vaksinasi Kemerdekaan Candi 2021 hingga 16 Agustus 2021 mendatang di halaman Mapolres setempat.

“Dalam program vaksinasi Kemerdekaan Candi 2021 kali ini, ada 4.400 dosis vaksin yang disiapkan. Masyarakat umum dan berbagai komunitas diberi kesempatan untuk mengikuti program vaksinasi gratis tersebut,” ujar Kapolres.

Prokes Ketat

blank
Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Polres Wonosobo, hari ini Kamis (12/8). Foto : SB/Muharno Zarka

Pelaksanaan vaksinasi selain dipantau langsung Kapolres Wonosobo, AKBP Ganang Nugroho Widhi SIK MT. Kabag Ops Kompol Suharjono SH MH dan Kasatlantas AKP Sugito SH, juga turut terjun ke lapangan agar peserta vaksin tertib dan disiplin menerapakan prokes Covid-19 dengan ketat.

Kabag Ops Polres Wonosobo Kompol Suharjono SH MH menambahkan semua peserta sebelum masuk lokasi vaksin, discreening terlebih dahulu. Dicek kesehatannya secara umum dan diukur suhu tubuhnya normal atau tidak. Setelah itu, baru dilakukan proses vaksinasi Covid-19.

“Sebelum masuk lokasi vaksin, peserta wajib mengenakan masker secara benar. Mencuci tangan dengan sabun di air mengalir. Selalu menjaga jarak saat sudah berada di barisan antrian antar peserta,” tegasnya.

Jika ada yang terlihat saling berdekatan, tak segan-segan pihaknya meminta peserta untuk segera mundur menjaga jarak antar sesama. Hal itu, dilakukan agar pelaksanaan vaksin massal tidak memicu kerumunan baru.

Kasatlantas Polres Wonosobo, AKP Sugito SH menyebut hari ini ada sekitar 600 warga yang mengikuti vaksin. Sedang besok, Jumat (13/8), ada 300-400 vaksin ditambah 180 vaksin dari kalangan santri untuk dosis kedua.

“Vaksinasi yang digelar Polres Wonosobo selama 8 hari telah menyasar berbagai kalangan. Dari masyarakat umum, lansia, kaum difabilitas hingga komunitas yang ada di masyarakat, organisasi kepemudaan dan pelaku transportasi ojek online (ojol) dan ojek pangkalan (opang),” terangnya.

Muharno Zarka