Ganjar menyempatkan diri melihat-lihat beberapa counter dalam kesiapannya menuju pembukaan mall. Foto: dok/ist

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, kembali melakukan inspeksi mendadak (sidak), pembukaan mall di Kota Semarang. Setelah pada Rabu (11/8/2021) kemarin Ganjar sidak Mall Paragon, Kamis (12/8/2021) ini giliran Mall Ciputra yang disidak Ganjar.

Mengenakan pakaian adat Jawa, Ganjar melakukan sidak di Mall Ciputra sekitar pukul 15.00 WIB. Saat Ganjar datang, kondisi mall tampak sepi, karena pengunjungnya memang dibatasi.

Seperti pengunjung lainnya, Ganjar pun mengikuti tata cara untuk masuk ke mall itu. Di antaranya cek suhu, menscan barcode vaksinasi di aplikasi Peduli Lindungi dan mencuci tangan. Bahkan Ganjar sempat terhenti cukup lama di pintu masuk, karena harus antre men-scan barcode itu.

BACA JUGA: Dirkamtib Dirjenpas Tinjau Kesiapan Blok Resiko Tinggi Lapas Semarang

Sesampainya di dalam, Ganjar langsung melihat-lihat kondisi. Setiap bertemu penjaga toko, Ganjar mampir untuk bertanya kabar dan aktivitasnya berjualan. ”Gimana mbak, sudah laku belum? Ada yang beli tidak?,” tanyanya.

Para penjaga toko itu tersenyum sumringah menjawab pertanyaan Ganjar. Mereka menyampaikan, pembeli sudah mulai berdatangan. ”Sudah pak, hari ini ada 10 orang yang beli,” jawab salah satu penjaga toko pakaian.

Namun ada juga yang menjawab, hari ini baru terjual dua atau tiga barang saja. ”Ya lumayan, daripada nggak laku kan,” ucap Ganjar menghibur.

BACA JUGA: Lathifatun Sukses Jadikan Ponpes Inkubator Santripreneur, SG Dorong ke WEPs Awards

Ganjar dengan teliti mengecek Mall Ciputra itu. Dia bahkan sampai naik ke lantai tiga, untuk melihat pembukaan mall di sana.

”Saya rasa masih belum banyak berubah, pengunjungnya belum banyak. Tapi meski hari ini bukan hari libur, orang sudah datang dan mereka belanja. Saya tanya para penjual tadi, yang belanja sudah mulai datang. Bahkan brand-brand yang secara harga mahal, juga laku terjual,” jelasnya.

Artinya, geliat ekonomi di Mall Ciputra mulai berjalan. Meski begitu, protokol kesehatan juga dilaksanakan dengan ketat.

BACA JUGA: Wanita Angkatan Udara Lanud Sam Ratulangi Manado Meriahkan HUT Wara ke-58

”Tadi saya lihat semua orang menggunakan masker. Hampir tidak ada yang lepas masker, kecuali yang makan. Restoran tempat makan mereka juga dijaga dan kursinya disilang. Saya minta pengelola terus mengontrol dengan baik,” imbuhnya.

Ganjar menegaskan, bahwa pembukaan mall saat ini baru uji coba. Jika ini berhasil, maka ke depan kuantitasnya pelan-pelan akan dinaikkan.

”Harapan saya, masyarakat paham bagaimana mengatur, bagaimana beradaptasi dengan kebiasaan baru dan disiplin protokol kesehatan. Kalau itu bisa dilakukan, maka kegiatan ekonomi akan bisa kembali berjalan dengan prokes ketat,” pungkasnya.

Riyan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini