blank
Relawan PMI Kota Magelang sedang memasang oksigen gratis kepada warga yang membutuhkan, (Dok PMI Kota Magelang)

MAGELANG (SUARABARU.ID) – Memperingati Tahun Baru Islam/1 Muharam 1443 H, PMI Kota Magelang melakukan peluncuran pelayanan tabung oksigen bagi masyarakat yang membutuhkan.

‘’Kegiatan ini sekaligus dalam rangka memperingati HUT Ke 76 Republik Indonesia Tahun 2021,’ kata Ketua PMI Kota Magelang, Sumartono, Selasa (10/8).

Menurutnya, kegiatan yang diberi nama ‘Nafas Kemerdekaan’ berupa pelayanan dan pemasangan emergency oksigen secara gratis untuk masyarakat Kota Magelang yang membutuhkan bantuan oksigen selama bulan Agustus 2021.

‘’Peluncuran pelayanan tabung oksigen bagi masyarakat Kota Magelang bertepatan dengan memperingati datangnya Tahun Baru Islam / 1 Muharam 1443 H,’’ ujarnya.

Mantan Inspektur Inpektorat Pemkot Magelang itu menerangkan, pelayanan oksigen gratis ini diperuntukan bagi pasien Covid 19 yang sedang menjalani isolasi mandiri di rumah, atau pasien non Covid 19 yang sedang menjalani  perawatan di rumah. Tabung oksigen bisa dipakai atau dipinjamkan dalam waktu 1X24 jam atau maksimal 3X24 jam (tiga hari) dengan isinya.

blank

Sumartono mengatakan, saat ini kebutuhan oksigen sangat tinggi, langkah PMI diharapkan dapat meringankan beban masyarakat akan kebutuhan oksigen.

Menurutnya, semoga bisa memberikan manfaat serta  dapat meningkatkan penyembuhan pasien, serta merupakan wujud nyata PMI dalam percepatan pemulihan dari pandemi Covid 19 dan merupakan wujud kepedulian PMI Kota Magelang akan kebutuhan  oksigen di masa Pandemi Covid 19.

‘’Hingga Selasa siang (10/8) sudah ada tiga pemesanan dan sudah diantar,’’ katanya tanpa bersedia menjelaskan berapa jumlah tabung oksigen yang siap dipinjamkan kepada masyarakat.

Dia juga mengajak masyarakat ‘Ayo donasi untuk pelayanan kemanusiaan melalui PMI Kota Magelang, rekening 1-005 – 00644 – 8 Bank Jateng atas nama PMI Cabang Kodia Magelang.

 

Doddy Ardjono