blank
Beberapa warga tengah antri menunggu giliran vaksin di Gedung Adipura Wonosobo. Foto : SB/Muharno Zarka

WONOSOBO (SUARABARU.ID)-Dalam rangka peringatan Hari Kemerdekaan RI ke-76, Polres Wonosobo menggelar program vaksinasi Covid-19 massal secara gratis bagi masyarakat umum.

Program vaksinasi massal Kemerdekaan Candi 2021 tersebut sudah dimulai sejak Kamis, 5 Agustus 2021 lalu dan akan berlangsung hingga Senin, 16 Agustus 2021 yang akan datang.

Kapolres Wonosobo AKBP Ganang Nugroho Widhi SIK MT, Senin (9/8), mengungkapkan vaksin Kemerdekaan Candi 2021 digelar di kali pertama Gedung Adipura sebanyak 1.400 dosis untuk ojek online (ojol), ojeng pangkalan (opang) dan pegiat organisasi kepemudaan (OKP).

“Selanjutnya hingga Senin 16 Agustus 2021 program vaksinasi dilaksanakan di halaman parkir Mapolres setempat. Peserta vaksinasi harus menerapkan protokol kesehatan (prokes) Covid-19 yang ketat saat berada di lokasi vaksin,” katanya.

4.400 Dosis

blank
Sebagai pelayan masyarakat di bidang transporasi online, Ojol mendapat prioritas untuk divaksin. Foto : SB/Muharno Zarka

Warga yang datang ke lokasi vaksin, lanjut dia, harus mengenakan masker, menjaga jarak saat antri, mencuci tangan sebelum masuk ke lokasi vaksin dan tidak menimbulkan kerumunan atau keramaian baru.

“Program vaksinasi massal ini bertujuan untuk membantu pemerintah membangun healt community. Sehingga dengan healt community tersebut, diharapkan bisa cepat memutus mata rantai penyebaran dan penularan virus Corona,” tegasnya.

Menurut Kapolres, selama pelaksanaan vaksin Kemerdekaan Candi 2021, ada 4.400 dosis yang disiapkan untuk masyarakat umum. Warga diminta untuk bisa hadir ke lokasi vaksin dengan menunjukan KTP atau identitas diri lainnya.

“Meski telah divaksin, warga saya minta tetap menerapkan prokes dalam kehidupan sehari-hari. Jika semua orang disiplin melaksanakan prokes dan gerakan 5M, bukan tidak mungkin, pandemi global Covid-19 akan segera berakhir,” tandasnya.

Muharno Zarka