Kampus mengajar 2 secara daring dengan sasaran sekolah-sekolah di Kabupaten Semarang. Foto: Ist

UNGARAN (SUARABARU.ID) – Kepala Bidang Pendidikan Dasar dinas Pendidikan Kabupaten Semarang, Gogo Widyatmoko SPd, MPd mengatakan, mengabdi untuk negeri saat pandemi covid-19 itu luar biasa.

“Namun tetap harus mengutamakan kesehatan selaras juga dengan instruksi Bupati Semarang bahwa Prokes tetap dijalankan dengan baik agar tidak memunculkan klaster-klaster baru dari setiap kegiatan khususnya kmpus mengajar 2 ini, Menjaga kebersihan, kesehatan dan keselamatan,” kata Gogo Widyatmoko Pada Program Kampus Mengajar 2 secara online, Rabu 3 Agustus 2021.

Gogo Widyatmoko SPd, MPd juga berpesan kepada para kepalasekolah mitra agar menerima para mahasiswa dalam program ini dengan baik. Susana harmonis dan kerja sama yang baik harus tercipta, sehingga terwujud cita-cita berkolaborasi mencerdaskan anak bangsa meski pandemi melanda dan bersinergi memberikan kesan bahwa kabupaten Semarang “The Best”.

Program Kampus Mengajar 2 ini merupakan program lanjutan dari Program Kampus Mengajar Angkatan 1 yang sukses dilaksanakan sehingga mendorong Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kemendikbud Ristek membuka program ini.

Program Kampus Mengajar 2 ini memiliki empat poin penting yaitu melanjutkan pembelajaran di masa pandemi terutama untuk SD dan SMP di daerah 3T, menghadirkan mahasiswa sebagai bagian dari penguatan pembelajaran literasi dan numerasi, dan menjadi mitra guru dalam melakukan kreativitas dan inovasi dalam pembelajaran.

Selain itu, mahasiswa juga dapat berkontribusi dalam mendukung kepala sekolah melakukan efisiensi administrasi dan manajerial sekolah. Hal tersebut sesuai dengan kebijakan Kampus Merdeka yang mengizinkan mahasiswa untuk belajar di luar kampus.

Penerjunan mahasiswa pada Program Kampus Mengajar 2 di Kabupaten Semarang terselenggara atas kerjasama Tim Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Kabupaten Semarang yang digawangi oleh Benny Sumardiana SH, MH selaku Koordinator DPL di Kabupaten Semarang dan Dinas Pendidikan Kebudayaan dan Pemuda Olahraga (Disdikbudpora) Kabupaten Semarang.

Agenda kegiatan ini telah dilaksanakan hari ini, Rabu, 3 Agustus 2021 secara virtual melalui zoom meeting dengan menerjunkan 116 mahasiswa dari berbagai universitas baik negeri maupun swasta di Jawa Tengah.

Ada 18 dosen pembimbing lapangan, dengan 13 Sekolah Mitra pada jenjang Sekolah Dasar dan 5 SMP di Kabupaten Semarang. Meski masih dalam suasana pandemi covid 19 dan perpanjangan PPKM sampai dengan tanggal  9 Agustus 2021, namun hal ini tidak menyurutkan semangat.

“Mahasiswa, dosen pembimbing lapangan, kepala sekolah mitra di Kabupaten Semarang, serta Dinas Pendidikan Kebudayaan dan Pemuda Olahraga (Disdikbudpora) selaku penghubung antara mahasiswa dan Kemendikbud Ristek tetap semangat untuk tetap berkarya mencerdaskan anak bangsa,” kata koordinator dosen pembimbing lapangan Benny Sumardiana.

Kami semua tetap bersemangat melalui kontribusi dalam pembelajaran khususnya literasi dan Numerasi, berkolaborasi dan adaptasi teknologi dalam pembelajaran daring dan luring, serta mendukung kepala sekolah dalam administrasi dan manjerial sekolah,” kata Benny.

Nila Ubaidah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here