blank
Penyaluran bantuan bagi pelaku jasa wisata, hari ini. Foto: eko

KOTA MUNGKID(SUARABARU.ID)-Polres Magelang menyalurkan bantuan paket sembako kepada pelaku bidang jasa sektor pariwisata, Selasa (27/7). Bantuan tersebut menyasar sektor jasa wisata yang terdampak pandemi Covid-19 pada masa penerapan PPKM Darurat.

Kapolres Magelang melalui Kabagren Kompol Nanik Suryani di sela-sela pembagian paket bansos menyampaikan bahwa penyaluran bansos tersebut adalah tindak lanjut dari peluncuran dua ribu paket bansos yang kemarin (26/7) dilepas oleh Kapolres. Sasaran bansos kali ini untuk masyarakat pelaku bidang jasa wisata.

“Hari ini kami fokuskan penerimanya pelaku jasa pariwisata yang betul-betul terdampak. Karena selama pandemi ini sektor tersebut banyak yang tutup dan tidak beroperasi,” kata Nanik.

Penyaluran bansos tersebut adalah bentuk kepedulian kepada masyarakat, terutama pelaku jasa pariwisata. Karena sampai saat ini salah satu sektor yang belum bisa beroperasi akibat penerapan PPKM Darurat adalah sektor pariwisata.

“Bantuannya tidak seberapa, namun kami harap ini dapat memberikan semangat motivasi di tengah pandemi Covid-19 saat ini,” lanjutnya.

Pada penyaluran bantuan hari ini disalurkan sebanyak 176 paket, untuk tiga lokasi yang berbeda. Di Gubug Makan Kalipeh Ngluwar sebanyak 21 paket, Watulumbung Carikan Salam sebanyak 46 paket dan Kaliputih Resto Jumoyo Salam sebanyak 109 paket.

“Khusus yang di Kaliputih Resto ini kami bagi dua shift untuk menghindari terjadinya kerumunan,” jelasnya.

Salah satu penerima bantuan, Supriadi, mengucapkan terima kasih kepada Kapolres Magelang yang telah peduli terhadap sektor jasa pariwisata.

“Saya salut dengan Pak Kapolres, beliau bergerak dengan cepat untuk merespon keluh kesah kami. Terima kasih,” katanya

Sementara itu Tora, koordinator pelaku wisata Magelang Selatan mengatakan bantuan tersebut sangat berarti untuk pelaku jasa dan pariwisata dalam rangka memberikan motivasi dan semangat untuk terus berusaha dan bertahan selama pandemi. “Terima kasih bantuan dari Pak Kapolres. Ini menjadikan semangat dan dukungan moril juga bagi kami pelaku jasa dan wisata untuk terus bertahan dan berusaha bangkit dari kondisi seperti ini,” katanya.

Agus Purwanto selaku Ketua Komunitas Wisata Magelang Selatan mengapresiasi respon dari Kapolres yang sangat cepat. Karena menurutnya respon cepat dari seorang pemimpin saat ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat.

“Apa yang dilakukan Kapolres ini hendaknya menjadi contoh yang lain. Beliau dengan cepat merespon keluh kesah kami. Pada dasarnya bukan besaran bantuan yang menjadi tujuan utama kami, namun bentuk empati, kepedulian yang seperti ini kami sudah sangat berterima kasih,” katanya.

Eko Priyono