blank
Nanas terkenal dapat mengempukkan daging. Foto: jabar.poskota

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Salah satu tantangan terberat ketika mengolah daging qurban seperti kambing atau sapi adalah membuat teksturnya menjadi empuk. Serat daging yang keras dan alot sering kali membuat kita sulit mengunyah.

Seperti dilansir jabar.poskota, hal itu dapat mengurangi kenikmatan daging. Perlu trik khusus untuk dapat membuat daging empuk dan lebih nikmat.

Selain dipotong kecil-kecil atau direbus dalam waktu yang lama yang bikin daging jadi kurang gurih, ada beberapa bahan pengempuk yang bisa kamu gunakan untuk merendam daging agar teksturnya lebih empuk dan kenyal. Penasaran apa saja? Berikut ini 5 bahan dapur alami yang dapat mengempukkan daging qurban.

Baca Juga: Resep Olahan Daging Kurban: Tongseng Sapi Spesial

1. Nanas

Nanas menjadi ciri khas Tongseng. Ya, sejak dulu nanas sudah dikenal dapat mengempukkan daging.

Nanas mengandung enzim bromelin sehingga menjadi bahan pengempuk yang efektif untuk daging. Parut atau haluskan nanas agar enzimnya keluar. Setelah itu, lumuri daging minimal 30 menit sebelum dimasak. Waspadai pemilihan nanas karena rasa daging bisa sedikit berubah akibat aroma nanas yang terlalu kuat.

2. Daun Pepaya

Tidak banyak yang tahu, ternyata daun pepaya dapat mengempukkan daging. Caranya juga cukup mudah. Bungkus daging dengan daun pepaya yang sudah diremas hingga keluar getahnya. Diamkan daging selama sekitar 30 menit sebelum dimasak.

Baca Juga: Resep: Beef Steak Spesial

Akan lebih baik kalau daging dibungkus bersama bumbu karena bikin bumbu lebih meresap ke dalam daging. Kandungan Enzim Papain di dalamnya membantu melunakkan serat daging.

3. Garam Laut

Tidak hanya menambah cita rasa, ternyata garam juga dapat menggempukkan daging Qurban. Taburkan garam laut kasar (bukan garam dapur) ke seluruh permukaan daging. Diamkan selama satu jam, baru kemudian diolah. Memang butuh waktu agar lama, tapi garam akan membantu menghancurkan ikatan protein yang ada di dalam daging sehingga daging akan terasa lebih empuk.

4. Lemon

Perasan air lemon atau jeruk nipis disinyalir jadi bahan pengempuk daging yang ampuh dan mudah ditemukan. Pasalnya, kandungan asam pada air jeruk nipis mampu memecah struktur protein daging sehingga bikin daging lebih empuk. Balurkan perasan air lemon atau jeruk nipis pada permukaan daging lalu simpan dalam kulkas selama beberapa jam sebelum dimasak.

5. Tomat

Tomat juga disinyalir dapat mengempukkan daging. Blender buah tomat lalu balurkan pada daging. Remas-remas daging bersama tomat dan diamkan kurang lebih 40-60 menit sampai daging empuk.

Claudia