blank
Mobil Formula 1 2022/dok

(SUARABARU.ID) – Mulai musim 2022, Formula 1 (F1) telah memperkenalkan desain dan mobil baru. Lalu apa perbedaan mobil musim depan dan yang dipakai tahun ini?

Mobil F1 musim ini terlihat lebih tajam dengan sudut-sudut di hampir semua bagian. Sementara mobil F1 2022 lebih melengkung dari ujung depan hingga belakang.

Perbedaan yang langsung terlihat adalah soal spoiler depan. Bagian tengah spoiler mobil F1 2022 seperti menyatu dengan hidung mobil.

Sementara part di dekat hidung yang biasa disebut dengan Y250 vortex dihilangkan. Juga tidak ada lubang angin pada bagian hidung seperti versi 2021.

Bentuk lengkungan elemen spoiler mobil F1 2022 hampir mirip dengan F1 2021, namun ujung sampingnya sangat berbeda.

Jika desain yang sekarang terlihat kotak dan menyudut, ujung pelat spoiler mobil F1 2022 terlihat melengkung ke atas dengan dimensi yang lebih tinggi.

Sesuai tujuan mobil F1 2022, desain spoiler ini dibuat agar sensitivitas aerodinamikanya semakin lemah saat mobil melaju di belakang mobil yang lain.

Desain ini lebih memungkinkan mobil satu menguntit mobil lain di belakang lebih lama. Desain baru dimaksudkan untuk meminimalisasi aliran angin kotor yang bisa merugikan mobil yang berada di belakang.

Mobil F1 2021 memakai pelek berukuran 13 inci, sedangkan pada musim 2022 akan memakai pelek 18 inci dengan profil ban yang lebih tipis.

Profil ban yang tipis dan pelek yang besar ini membuat mobil F1 2022 terlihat lebih sporty dan agresif dari sebelumnya. Pelek mobil F1 2022 memakai penutup yang digunakan untuk menjaga aliran angin tetap bersih.

Aliran angin tak akan masuk pelek yang mengganggu putaran roda. Selain itu ada part winglet (sayap di atas ban depan) yang juga digunakan untuk menjaga aliran udara bersih.

Desain baru ini untuk memaksimalkan potensi mobil di belakang untuk bisa menempel ketat mobil di depan karena dirty air yang minim

Selanjutnya ada spoiler belakang yang bentuknya jauh berbeda. Jika yang sekarang bentuknya lebih menyudut dan kotak, spoiler belakang mobil F1 2022 lebih melengkung.

Ujung atasnya masih dibuat rata, tapi semakin ke bawah akan semakin melengkung di bagian tengah. Di bagian ujung kiri kanan juga melengkung.

Tidak ada perubahan prinsip kerja drag reduction system (DRS). Jika dilihat dari atas, ada pula perubahan di bagian lantai.

Di bagian ujung depan, ada beberapa elemen tajam di bagian depan. Sementara di belakang terlihat melengkung ke dalam di mana sebelumnya berbentuk lurus ke belakang.

Lalu di sisi yang menghadap ke bawah dibuat semacam terowongan-terowongan kecil untuk mengalirkan aliran udara. Sementara bagian bawah pada mobil F1 2021 memakai konsep seperti tangga.

Perubahan ini membuat tiap tim bisa membuat downforce yang besar. Di sisi lain, aliran udara yang keluar juga lebih bersih dan efek negatifnya ke mobil di belakang berkurang drastis.

Mobil F1 2022 disebut-sebut lebih bersih daripada yang sekarang. Faktor keamanan dan kenyamanan lebih dikedepankan.

rr