blank

JEPARA (SUARABARU.ID ) – Peningkatan angka Covid-19 pada bulan Juni – Juli  menyebatkan stock  darah yang ada di PMI di berbagai daerah berkurang. Demikian juga yang terjadi di Unit Donor Darah  PMI Jepara.

Berdasarkan data info stok darah  yang diumumkan  hari Minggu 18 Juli 2021 disampaikan, untuk golongan darah A jenis  WB (  darah lengkap ) terdapat 1 kantong.

Sedangkan untuk golongan  A jenis   TC ( sel darah merah )  dalam kondisi kosong.  Sementara pada golongan darah B jenis WB/PRC  tersedia 3 katong dan  holongan AB jenis TC ( trombosit ) kosong.

Untuk golongan AB  jenis  WB /PRC terdapat  5 kantong dan untuk jenis  TC dalam kondisi kosong. Demikian juga untuk golongan darah 0  jenis TC dalam kondisi kosong. Sementara untuk 0  jenis  WB / TRC masih tersisa 1 kantong darah.

Ketika hal tersebut dikonfirmasikan dengan Kepala Unit Donor Darah PMI Jepara, dr Murtono ia membenarkan kondisi stok darah yang semakin menipis. “Kondisi ini mulai terjadi bulan Juni lalu.

“Rata-rata sebelum pandemi,tiap bulan  ada sekitar 1.200 kantong / bulan. Kemudian sejak pandemi menurun menjadi 800 -1000 katong / bulan dan kini sejak bulan Juni hanya sekitar 600 kantong,” ujar Murtono.

Harapan kami warga masyarakat dan juga komunitas donor darah yang ada di Jepara  kembali melakukan gerakan kemanusiaan  donor darah. “Tentu dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan,” ujar Murtono.

Disamping itu ia juga mengajak warga masyarakat penyintas Covid-19 untuk bersama-sama ikut dalam gerakan kemanusiaan untuk menyediakan donor plasma konvalesen.

Bagi yang tergerak   melakukan gerakan kemanusiaan ini  dapat datang langsung ke PMI Jepara Jln. Jepara – Bangsri Km 03 Kuwasen  atau menghubungi no telpon 0291 593935 / 591342.

Hadepe – Alvaros