blank
Wali Kota Muchamad Nur Azis meninjau tempat swab di area luar Lapangan Tenis Indoor Moncer Serius, (Bag Prokompim, Pemkot Magelang),

 

MAGELANG (SUARABARU.ID) – Dinas Kesehatan Kota Magelang memanfatkan area luar Lapangan Tenis Indoor Moncer Serius di Gelora Sanden menjadi tempat tes swab untuk warga.

Langkah itu dilakukan terkait ramainya warga yang melakukan tes swab di Laboratorium Kesehatan (Labkes) Kota Magelang di Jalan Jeruk.

Kepala UPT Gelora Sanden Kota Magelang, Bayu Saputro mengutarakan, pihaknya sudah mempersiapkan lokasi tersebut sejak Rabu (7/7), setelah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) yang melaporkan pelayanan labkes membludak akhir-akhir ini.

‘’Saya menyiapkan apa yang menjadi kebutuhan dinas. Kebetulan tenda Kemenkes sudah ada di lokasi sejak adanya RS Darurat di Lapangan Tenis Indoor Moncer Serius. Ada juga tenda dari Kepolisian, sehingga kita tinggal menatanya saja sesuai kebutuhan,’’ terangnya, kemarin.

Bayu menerangkan,  area Gelora Sanden sangat luas, sehingga tidak sampai terjadi kerumunan jika warga yang melakukan tes swab banyak. Tenda yang ada   sudah cukup, karena kuota tiap hari juga dibatasi.

‘’Kebetulan RS Darurat di dalam lapangan tenis indoor juga sudah kosong, karena dipindahkan ke RS Budi Rahayu. Jadi, sekarang area lapangan tenis untuk tes swab saja,’’ ungkapnya.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kota Magelang, dr Intan Suryahati membenarkan pemanfaatan area tersebut. Pemindahan ini sementara dilakukan karena Labkes penuh setiap hari.

‘’Beberapa waktu terakhir warga yang tes swab di Labkes ramai sekali. Kemarin Rabu (7/7) Pak Wali  mengunjungi Labkes dan melihat langsung ramainya warga yang antre untuk tes swab,’’ ujarnya.

Dia menuturkan, warga yang antre ditempatkan di tenda Polri. Kemudian untuk pengambilan sampel di area lobi Lapangan Tenis Indoor Moncer Serius. Adapun pelayanan tes swab di area ini dibuka setiap Senin, Rabu dan Kamis.

 

Penulis : prokompim/pemkotmgl

Editor   : Doddy Ardjono