blank
Dr Ir Syamsul Arifin MT

SEMARANG – Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Penjaminan Mutu (LP3M) Unissula mengadakan online workshop bertema metode dan cetak biru penilaian capaian pembelajaran lulusan (CPL) yang dilaksanakan (6/7/2021) dan dihadiri 239 peserta lintas universitas.

Wakil Rektor I Unissula Dr Umar Ma’ruf SH SpN MHum dalam sambutannya menyampaikan bahwa kondisi pandemi telah mengubah interaksi pendidikan yang juga menimbulkan berbagai kesukaran “Kita tahu bahwa CPL terdiri dari tiga hal yaitu pertama sikap atau ahlaq, yang kedua keterampilan baik umum maupun khusus, dan yang ketiga pengetahuan. Kami di Unissula menggunakan pendekatan Budaya Akademik Islami dimana penguatan sikap atau ahlaq menjadi hal yang penting. Model pembelajaran daring yang meminimalkan tatap muka secara langsung menjadikan kita susah dalam menerapkan keteladanan pada peserta didik” ungkapnya.

Sejalan dengan hal itu narasumber Dr Ir Syamsul Arifin MT menyampaikan bahwa core bisnis lembaga pendidikan khususnya perguruan tinggi adalah bagaimana agar para lulusannya memiliki kompetensi yang bermanfaat, yang memberi kontribusi di masyarakat, memiliki kemampuan menyelesaikan permasalahan bangsa, mengibarkan dan menguatkan keyakinan agamanya. Meski dimasa masa sulit seperti ini para dosen diharap tetap bisa memberikan teladan pada para mahasiswanya seperti ketepatan waktu belajar yang telah dijadwalkan, dan kesabaran dalam proses perkuliahan daring seperti saat ini.

“Kalau kita tanya kebanyakan orang tua kenapa menguliahkan anaknya rata rata jawabannya supaya pintar dan endingnya supaya mudah mencari pekerjaan oleh karenanya dalam proses perkuliahan sebaiknya dosen tidak hanya sibuk dengan materinya dan lupa mengasah kompetensi mahasiswanya. Inilah yang sering diingatkan oleh lembaga akreditasi internasional tentang pentingnya OBE, outcome based education” ungkap Syamsul Arifin.

OBE adalah pendekatan yang menekankan pada keberlanjutan proses pembelajaran secara inovatif, interaktif, dan efektif. OBE berpengaruh pada keseluruhan proses pendidikan dari rancangan kurikulum, perumusan tujuan dan capaian pembelajaran, strategi pendidikan, rancangan metode pembelajaran; prosedur penilaian, dan lingkungan/ekosistem pendidikan.