blank
Kepala Kanwil Kemenkumham Jateng, A. Yuspahruddin saat melaunching aplikasi Simona secara virtual. Foto: Dok/ist

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Di masa pandemi Covid-19, Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Jawa Tengah meluncurkan aplikasi Simona yang berlangsung virtual, Rabu (7/7/2021).

Aplikasi tersebut dirancang untuk pencegahan penyebaran virus Covid-19, dimana akan memantau kondisi kesehatan pegawai Kanwil Kemenkumham Jateng.

Kepala Kanwil Kemenkumham Jateng, A. Yuspahruddin mengatakan, Simona merupakan akronim dari Sistem Monitoring Corona.

“Melalui aplikasi ini pegawai bisa melaporkan jika mengalami gejala Covid-19. Aplikasi ini berbasis website yang dapat diakses melalui Simona.kemenkumham.go.id,” ujarnya.

Yuspahruddin juga menjelaskan pentingnya penggunaan aplikasi Simona di tengah pandemi Covid-19 yang masih melanda Indonesia.

“Aplikasi ini sangat berguna dan mudah digunakan. Saya berharap aplikasi ini bisa kita terapkan untuk bersama-sama menjaga diri dengan melaporkan kondisi kita, supaya bisa memantau semua pegawai, sehingga orang lain bisa memberi bantuan,” tutur Yuspahruddin.

Sementara itu Kepala Divisi Administrasi, Jusman dalam laporannya mengharapkan seluruh pegawai Kanwil Kemenkumham Jateng, terhitung mulai hari ini menggunakan aplikasi Simona secara rutin.

“Dalam penggunaan aplikasi ini sangat dibutuhkan kejujuran dan komitmen, agar setiap hari mengupdate kondisi kesehatan kita semua,” ujar Jusman.

Usai peluncuran aplikasi Simona, dilanjutkan dengan sosialisasi cara penggunaan aplikasi tersebut. Adapun alur dari aplikasi ini adalah pegawai masuk ke aplikasi menggunakan username NIP dan password. Kemudian, pegawai melaporkan kondisi kesehatannya pada menu laporan.

Ning