blank
Tim Satgas Covid-19 Kecamatan Kaliwiro Wonosobo ketika menggelar sosialisasi PPKM di Pasar Pahing. Foto : SB/dok

WONOSOBO (SUARABARU.ID)-Satgas Percepatan Penanganan Covid-9 Kecamatan Kaliwiro Wonosobo bergerak cepat dalam melakukan sosialisasi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat ke masyarakat.

Hari ini, Senin (5/7), Satgas Covid-19 setempat, menyasar Pasar Tradisional Kaliwiro sebagai lokasi sosialisasi PPKM Darurat. Pasar yang ramai setiap hari pasaran Pahing itu, selalu banyak dikunjungi pedagang dan pembeli dari berbagai daerah tersebut.

Pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Darurat diterapkan di semua wilayah di Jawa Tengah, mulai tanggal 3 sampai 20 Juli 2021. Dari 35 kabupaten/kota yang ada di Jawa Tengah, 13 daerah masuk asesmen level 4 dan sisanya masuk asesmen level 3. Dan untuk Kabupaten Wonosobo sendiri masuk dalam asesmen level 3.

blank
Warga diminta segera pulang setelah selesai belanja di Pasar Pahing Kaliwiro. Foto : SB/dok

Melihat kondisi tersebut, hari ini, Senin 5 Juli, bertepatan dengan hari pahing (pasaran Kaliwiro), Camat Kaliwiro, Subagyo Agus mengomando agar Satgas Kecamatan Kaliwiro – Wonosobo, bersama SAR Kaliwiro, Koramil Kaliwiro, dan Polsek Kaliwiro secara bersama-smaa segera menindaklanjuti instruksi Bupati Kab. Wonosobo, dan melaksanakan “Sosialisasi PPKM darurat Covid 19 dan Razia Masker serta Penertiban Protokol Kesehatan” kepada seluruh masyarakat Kaliwiro, khususnya di Pasar Kaliwiro sebagai Pusat Keramaian Kecamatan Kaliwiro.

Subagyo Agus selaku Camat Kaliwiro memimpin langsung kegiatan ini, dan dalam apel menjelaskan, “Pasien Covid 19 khususnya di Kecamatan Kaliwiro semakin meningkat, kita harus selalu memberikan sosialisasi secara tegas kepada masyarakat sesuai instruksi bupati tentang PPKM dan Protokol Kesehatan”

Dalam pelaksanaan, benar saja banyak sekali Masyarakat yang sudah mulai menyepelekan protokol kesehatan, yang dikhawatirkan hal ini akan menjadi sebab terjadinya penyebaran covid 19 semakin meluas dan meningkat

“Dalam pelaksanaan sosialisasi ini, kami bersama Satgas covid 19, koramil Kaliwiro, dan Polsek Kaliwiro tidak henti-hentinya mengingatkan masyarakat, khususnya untuk selalu disiplin prokes, serta menghimbau masyarakat agar segera pulang setelah selesai berbelanja/berkegiatan di Pasar”, jelas Habib selaku Komandan SAR Kaliwiro.

Dengan adanya Sosialisasi dan Operasi ini, sebagian masyarakat semakin menyadari pentingnya protokol kesehatan, demi kepentingan bersama.

Muharno Zarka