blank
Kapolres menabur bunga di Taman Makam Pahlawan, tadi pagi. (Foto: Eko P)

KOTA MUNGKID(SUARABARU.ID)-Kapolres Magelang AKBP Ronald A Purba SIK MSi memimpin ziarah di Taman Makam Pahlawan Giri Dharmoloyo, Cawang, Desa Bulurejo,  Kecamatan Mertoyudan, Kabupaten Magelang, Selasa(29/6).

Kapolres melalui Kasubbag Humas Iptu Abdul Muthohir mengatakan, ziarah dan tabur bunga itu dilakukan sebagai wujud penghormatan kepada para pahlawan pendahulu kita.

“Kegiatan pagi ini merupakan rangkaian Hari Jadi Bayangkhara ke-75. Sudah menjadi tradisi yang selalu dijaga Polres Magelang melaksanakan ziarah kubur di Taman Makan Pahlawan, menjelang Hari Bhayangkara,” katanya.

Pelaksanaan upacara dan tabur bunga itu menerapkan protokol kesehatan Covid-19 secara ketat. Di antaranya pengecekan suhu tubuh, memakai masker, mencuci tangan, serta menjaga jarak.

Sebagai perwira upacara dipercayakan kepada Iptu Triyoko,  pembawa acara Brigadir Risda, pembawa bunga Bripda Aliya dan Bripda Tasya. Adapun penjaga karangan bunga Aipda Agus dan Bripka Bekti.

Upacara dimulai pukul O7.00 WIB diawali  laporan perwira ziarah kepada pemimpin ziarah di depan gerbang TMP Dharmoloyo. Selanjutnya Kapolres selaku pemimpin ziarah memasuki tempat ziarah.

Kemudian dilakukan penghormatan kepada pahlawan,  mengheningkan cipta, dan peletakan karangan bunga oleh pemimpin ziarah.  Pembacaan doa merupakan akhir dari upacara ziarah.

Selain menjadi inspektur upacara, Kapolres juga memimpin acara tabur bunga dan meletakan karangan bunga serta melakukan doa bersama yang diikuti oleh para peserta ziarah.

“Setelah upacara ziarah  selesai , dilaksanakan tabur bunga ke makam para pahlawan dipimpin Kapolres Magelang dan diikuti Wakapolres Magelang serta para pejabat utama Polres Magelang,” jelasnya.

Kegiatan itu berjalan dengan aman dan lancar. Setelah semua rangkaian acara selesai, Kapolres bersama rombongan meninggalkan lokasi.

Eko Priyono