blank
Mabes Polri saat menggelar upacara pemuliaan nilai-nilai luhur Tribrata yang dilakukan rutin menjelang HUT Polri. Foto: Dok/ist

JAKARTA (SUARABARU.ID) – Jelang Hari Ulang Tahun (HUT) Bhayangkara 1 Juli, Mabes Polri menggelar upacara pemuliaan nilai-nilai luhur Tribrata.

Kadiv Humas Polri, Irjen Argo Yuwono mengungkapkan, upacara pemuliaan nilai-nilai luhur Tribrata dengan pencucian panji merupakan tradisi wajib yang dilakukan Polri menjelang HUT Polri yang jatuh pada tanggal 1 Juli setiap tahunnya.

“Upacara pemuliaan nilai-nilai luhur Tribrata merupakan suatu tradisi yang wajib dilaksanakan dengan melakukan pencucian panji-panji Polri yang merupakan simbol untuk mensucikan dan pembersihan diri,” kata Argo dalam keterangan tertulisnya, Rabu (23/6/2021).

Menurut Argo, pencucian pataka tersebut menjadi pedoman dan semangat untuk setiap insan Polri agar tetap memegang teguh kebenaran, melaksanakan tugas pokok melindungi, mengayomi, melayani dan menegakkan hukum, serta mewujudkan pengabdian kepada masyarakat, bangsa dan negara.

Argo menjelaskan, dengan dilakukannya tradisi wajib itu, menjadi momentum untuk introspeksi dan perenungan kepada seluruh prajurit Korps Bhayangkara dalam menjalankan tugasnya.

Sehingga kedepannya Polri bisa menjadi lembaga negara yang semakin dicintai oleh masyarakat dalam menjalankan tugasnya, yakni menjaga keamanan dan ketertiban negara.

“Agar Polri kedepan dapat menjalankan tugas pokoknya, yakni memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat secara professional,” tandas Argo.

Ning