blank
Seorang pemuda mengantar lauk ke salah satu rumah warga yang isman. (Foto: Eko P)

KOTA MUNGKID (SUARABARU.ID) – Pemuda Desa Sidogede, Grabag, Kabupaten Magelang, membuka dapur umum untuk memberi lauk makan warga yang melakukan isolasi mandiri akibat Covid-19. Bakti sosial itu sudah dilakukan sejak tiga hari lalu.

“Kami menyediakan sayuran matang dan lauk pauk. Kalau nasi, mereka sudah menyediakan sendiri,” tutur pemilik gagasan kegiatan mulia itu, Tadi Joko Wasito atau biasa disapa Tadex, Selasa (22/06/2021).

Dia menginformasikan, pembuatan dapur umum itu dilakukan bersama teman-temannya. Terutama warga Grabag yang peduli dengan pandemi yang ada di Desa Sidogede.

Disebutkan, setiap hari kesibukannya ada ibu-ibu yang memasak. Setelah dikemas, ada relawan wanita serta pemuda Grabag yang ikut membagikan ke rumah-rumah penduduk yang terkena Covid-19.

Adapun modal untuk berbelanja kebutuhan memasak dari mereka sendiri. Selain itu ada beberapa sumbangan dari pedagang Pasar Pagi Grabag yang membantu sayur mayur. “Ada juga dari beberapa kawan yang membantu bahan pokok makanan,” katanya.

Tentang sasaran mereka berapa orang, kata Tadex, jumlahnya bervariasi. ”Hari ini melayani sekitar 205 orang. Kami akan menyiapkan sayuran dan lauk pauk sampai mereka benar-benar sehat dan bisa beraktivitas seperti biasa,” tandasnya.

Dia menambahkan, setiap hari yang terlibat sekitar 20 orang. Mereka selalu siap memasak dan mempersiapkan penyaluran. Tetapi kadang ada teman lain yang ikut bergabung. “Yang membagikan adalah pemuda Grabag dan Sidogede,” jelasnya.

Eko Priyono-mul