MAGELANG (SUARABARU.ID) – Kota Magelang akan menggelar Magelang Duathlon 2021 Independence Fun Running & Cycling. Kegiatan perdana itu rencananya diselenggarakan 14 Agustus 2021. Duathlon menggabungkan dua cabang olahraga, yakni lari dan sepeda.

Ketua Pelaksana Magelang Duathlon 2021, Zacky Fahmi menerangkan, ini bentuk komitmen dan upaya Pemkot Magelang membangkitkan pariwisata olah raga (sport tourism)  yang belakangan ini makin diminati . Sekaligus kegiatan ini memeriahkan peringatan Kemerdekaan Ke 76 RI.

‘’Ini kali pertama Pemkot Magelang menyelenggarakan sport tourism di Jateng, khususnya Magelang. Rutenya melewati wilayah Kota Magelang dan Kabupaten Magelang sejauh 45 kilometer,’’ tuturnya.

Rutenya start di Gelora Sanden (Kota Magelang), menuju Artos Mall, pertigaan Blondo terus ke arah Borobudur, dan menyusuri area wisata Borobudur. Yaitu  Candi Borobudur, Svargabumi dan Plataran. Selanjutnya melewati jembatan Sigug, Kalinegoro, Tanjung, Pakelan dan finish di Taman Kyai Langgeng, sebagai garis finish sepeda.

Zacky mengemukakan, awalnya peserta harus bersepeda terlebih dahulu di start di Gelora Sanden Kota Magelang dengan menempuh jarak sekitar 40 meter.

Kemudian dari Taman Kyai Langgeng, peserta harus lari sejauh sekitar 5 kilometer menuju garis finish di Gelora Sanden. Perkiraan durasi cut of time selama 4 jam.

Menurutnya, selama mengikuti duathlon peserta tidak hanya berlari dan gowes, namun juga bisa menikmati suasana pedesaan dan pemandangan di sejumlah titik pemberhentian. Peserta yang diperkirakan sebanyak 350 orang dijamin akan menikmati kompetisi ini.

‘’Magelang dikenal sebagai daerah yang dikelilingi lima gunung sekaligus, yakni Merapi, Merbabu, Sumbing, Telomoyo, dan pegunungan menoreh. Peserta akan menikmati sejuknya udara Magelang dan semoga dapat berkesan,’’ harapnya.

Dia menuturkan, penyelenggaraan event ini akan menerapkan protokol kesehatan dengan ketat. Seluruh peserta Magelang Duathlon 2021 wajib mengikuti tes swab antigen yang disediakan panitia.

‘’Kami  masih menerima pendaftaran peserta. Diharapkan duathlon dapat berjalan lancar, sehingga menjadi percontohan untuk event-event berikutnya yang dapat membangkitkan kembali pariwisata olahraga (sport tourism) di Magelang,’’ ungkapnya.

 

Doddy Ardjono

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here