blank

KOTA MUNGKID(SUARABARU.ID) –
Sekretaris Daerah Kabupaten Magelang Adi Waryanto ikut serta dalam kegiatan Gerakan Minum Jamu yang diselenggarakan melalui zoom meeting, Jumat (18/6/2021). Gerakan itu sebagai upaya menjaga kesehatan masyarakat sekaligus ikut serta dalam memajukan UMKM, khususnya jamu.

Adi Waryanto mengatakan, minimal ada dua hal yang menjadi implikasi atau dampak positif dari minum jamu. Pertama memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan tubuh terutama di masa pandemi. Selain itu ikut membantu pertumbuhan UMKM terutama pembuat jamu.

“Sehingga UMKM khususnya jamu bisa senantiasa terus berjalan, berkembang, termasuk juga membantu kesejahteraan para petani, karena bahan dasar jamu berasal dari empon-empon (tumbuhan kesehatan),” kata Adi.

Kepala Disdagkop UKM Kabupaten Magelang, Basirul Hakim menilai gerakan minum jamu itu bisa memberi contoh kepada masyarakat untuk menjaga kesehatan dengan cara tradisional yang lebih terjangkau.

“Paling tidak kita juga ikut membantu melestarikan jamu tradisional sehingga para UMKM pembuat jamu menjadi something buat semua orang dengan menggunakan produk yang alami,” kata Basirul.

Dalam kesempatan itu sejumlah pejabat menyempatkan menuang jamu dari botol ke gelas, lalu meminumnya.

Eko Priyono