Bupati memerintahkan kepada Dinas Kesehatan agar meningkatkan ketersediaan tempat tidur dan tempat isolasi dalam penanganan Covid. Kemudian menyediakan ICU kepada rumah sakit milik pemerintah maupun milik swasta.

“Penyiapan SDM kesehatan serta bekerja sama dengan organisasi profesi dan organisasi lainnya harus dilakukan,” pintanya.

Isolasi Terpusat

Selain itu Zaenal juga meminta agar Dinas Kesehatan segera menyiapkan tempat isolasi terpusat untuk menampung pasien tanpa gejala (OTG) atau bergejala ringan di tingkat desa/kelurahan, kecamatan, dan kabupaten. Kemudian melakukan percepatan vaksinasi utamanya kepada lansia dan kelompok rentan lainnya.

“Arahan Presiden kemarin, banyak vaksin kita yang hanya dijadikan stok, maka ini harus segera dilakukan vaksinasi kepada masyarakat khususnya kepada kelompok rentan. Kemudian Dinas Kesehatan juga harus sering melakukan rapid tes antigen kepada masyarakat yang berpotensi,” katanya.

Kapolres Magelang AKBP Ronald Ardiyanto Purba mengatakan, kenaikan angka Covid di Kabupaten Magelang dalam beberapa waktu terakhir jangan menjadikan ketakutan atau momok yang membuat drop. Namun harus menjadi motivasi untuk bekerja keras menekan angka penyebaran yang lebih banyak.

“Kita pernah diangka 1.700 terkonfirmasi positif di bulan Desember tahun 2020. Jadi intinya jangan takut, namun kita harus tetap waspada, bekerja keras untuk menekan angka agar segera menurun,” kata AKBP Ronald.

Menurutnya upaya percepatan vaksinasi bagi kelompok rentan sangatlah penting untuk segera dikejar. Upaya itu akan memberikan dampak yang cukup efektif utamanya dalam memberikan kekebalan, atau pun mengurangi dampak apabila terpapar Covid-19.

Dia mengatakan upaya pemerintah Kabupaten Magelang dalam penanganan Covid-19 sudah cukup maksimal. Setiap Polres Magelang melakukan bagi-bagi masker kepada masyarakat selalu mendapatkan dukungan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Magelang.

AKBP Ronald menekankan kepada masyarakat bahwa Covid bukanlah suatu aib. Dia meminta agar tidak ada lagi masyarakat yang mengucilkan seseorang karena terpapar Covid. Demikian pula masyarakat yang terpapar Covid juga jangan merasa tersinggung apabila ada masyarakat yang memberikan perhatian.

“Saya harap tidak ada lockdown di desa-desa, tetapi lebih baik meningkatkan kewaspadaan serta saling membantu satu sama lain dengan menerapkan protokol kesehatan pada saat ada yang terpapar Covid-19. Kita tingkatkan jogotonggo supaya angka Covid segera turun kembali,” tandasnya.

Eko Priyono