blank
Bupati Arif Sugiyanto melantik Sampurno menjadi Camat Sadang bersama pelantikan 24 pejabat OPD dan pengawas.(Foto:SB/Ist)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Bupati Kebumen Arif Sugiyanto melantik dan merotasi  25 pejabat ASN Jabatan Administrator dan Pengawas di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kebumen, Jumat 11/6.

Mutasi dan promosi menyasar sejumlah pejabat pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD). Beberapa jabatan yang dimutasi, Direktur RSUD hingga Sekretaris Dinas, Pelantikan berlangsung di Ruang Jatijajar Kompleks Pendopo Rumah Dinas Bupati.

Pejabat yang menghadiri pelantikan diantaranya Wakil Bupati Kebumen Ristawati Purwaningsih, Sekda Kebumen Achmad Ujang Sugiono, Plt Asisten I Sekda Edi Rianto, Kepala Badan Kepegawaian dan Diklat Daerah (BKDD) Asep Nurdiana serta para pimpinan OPD.

Bupati menuturkan, pelantikan dilakukan guna memenuhi kebutuhan organisasi untuk peningkatan kapasitas karier pegawai. Sekaligus guna lebih memperlancar pelaksanaan tugas-tugas pemerintahan dan pelayanan publik. Ia meminta ASN dapat menjalankan tugas dengan amanah dan menjaga kepercayaan yang diberikan oleh Negara.

“Kami meminta kepada seluruh ASN yang baru dilantik agar bisa menjalankan tugasnya dengan penuh perhatian, komitmen, dan rasa tanggung jawab yang tinggi,”harap Arif Sugiyanto.

blank
Para pejabat eselon III dan pengawas mengikuti pelantikan di Ruang Jatijajar Kompleks Pendopo Bupati,(Foto;SB/Ist)

Kepentingan Organisasi

Bupati pun mengajak kepada seluruh ASN agar pelantikan dimaknai terutama dari sudut kepentingan organisasi.  Bukan sekadar penempatan figur-figur pejabat pada jenjang jabatan tertentu.

Ini semua untuk pembenahan dan pemantapan organisasi guna meningkatkan kinerja dan penyelenggaraan tugas serta pelayanan yang maksimal.

Pertimbangan utama yang digunakan dalam menentukan jabatan bagi setiap pegawai adalah rekam jejak, kompetensi, pengabdian, komitmen terhadap tugas, tanggung jawab kepada negara.

Bahkan telah melalui mekanisme sidang Tim Penilai Kerja PNS Kabupaten Kebumen. tentunya ini juga telah mendapat persetujuan dari Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia.

Arif Sugiyanto berpesan beberapa hal kepada para pejabat yang dilantik. Antara lain, mempelajari aturan dasar melaksanakan tugas.

ASN harus senantiasa menjaga dan mempertahankan integritas, loyalitas, disiplin dan komitmen terhadap tugas dan tanggung jawab. Bersifat sensitif dan responsif terhadap tantangan dan permasalahan baru yang timbul baik di dalam maupun di luar organisasi.

Kemudian mempunyai wawasan jauh ke depan dan mampu melakukan terobosan yang positif melalui pemikiran yang kreatif, inovatif dan sistematis untuk kepentingan organisasi.

Selanjutnya memiliki kemampuan untuk mengombinasikan berbagai sumber daya secara optimal sehingga dapat menghasilkan produktivitas kerja yang maksimal.

Terakhir tertib administrasi dalam pelaksanaan pemerintahan saat ini, sehingga kegiatan yang dilaksanakan lebih akuntabel atau dapat dipertanggungjawabkan.

Sampurno Camat Sadang

Beberapa pejabat yang dirotasi yakni Direktur RSUD Prembun dr Iwan Danardono menjadi Sekretaris Dinas Kesehatan. Posisi lamanya digantikan dr Arif Komedi. Sekretaris Satpol PP diisi Agus Subekti sedangkan pejabat lama Dr Suratno menjadi Sekretaris Bappenda.

Sugeng Pujarwanto dipindah menjadi Kabag Keuangan Sekretariat DPRD. Posisi lamanya, Sekretaris Dinas Perhubungan diisi Eko Widiantoro yang promosi. Wahyu Siswanti dari Sekretaris Bappenda Kebumen dipindah menjadi Sekretaris Dinas Kearsipan dan Perpustakaan.

Sedangkan Sekcam Karangsambung Sampurno, dipromosikan sebagai Camat Sadang. Pejabat lama, Tjahjo Sambodo Nugrahaning Widi, dimutasi menjadi Camat Puring. Camat Puring Suprijadi telah purna tugas.

Komper Wardopo