blank
WBP rehabilitasi LPP Semarang saat mengikuti kegiatan rutin Therapeutic Community di Poliklinik Lapas. Foto: Dok LPP Semarang/ist

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Lembaga Pemasyarakatan Perempuan (LPP) Semarang menggelar Therapeutic Community (TC) untuk Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang menjalani rehabilitasi, Senin (31/5/2021).

Kegiatan yang berlangsung di Poliklinik Lapas tersebut, WBP rehabilitasi dipertemukan dengan Konselor Adiksi dari BNNP Jawa Tengah, Agasta Irena Effendi didampingi dokter LPP Semarang, dr. Femi Irianti.

“Ini merupakan kegiatan rutin yang bertujuan mengubah pola tingkah laku yang disfungsional dari seseorang warga binaan, menjadi lebih efektif dan produktif dalam kehidupannya nanti,” kata Agasta.

Agasta menyebut seperti mendorong perubahan cara hidup yang mempunyai sikap, misalnya kurang respons, ceroboh, emosi berlebihan, anggapan negatif dan lainnya.

Dengan adanya metode TC diharapkan kedepannya para warga binaan yang menjadi residen bisa merubah tingkah lakunya ke arah yang positif, yaitu lepas ketergantungan narkotika, psikotropika, dan zat adiktif (Napza).

Menurutnya, LPP Semarang selalu berusaha membentuk kepedulian kepada warga binaan, supaya bisa pulih dari ketergantungan narkotika.

LPP Semarang juga selalu berupaya agar warga binaan bisa kembali sebagai manusia sosial yang berdaya positif.

Ning