blank
Warga binaan LPP Semarang saat bersilaturahmi dengan keluarga melalui layanan Video Call. Foto: Dok LPP Semarang/ ist

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Lembaga Pemasyarakatan Perempuan (LPP) Semarang menambah unit layanan video call. Dari empat unit, kini menjadi 15 unit HP dan Laptop yang disediakan LPP.

Kepala LPP Semarang, Kristiani Hambawani mengatakan, penambahan ini dilakukan sebagai pengganti layanan kunjungan, seperti yang dilakukan saat momen Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah kemarin.

“Animo warga binaan dan keluarga sangat tinggi. Mengingat dua kali lebaran belum bisa bertatap muka yang disebabkan pandemi Covid-19, mereka berebut mendaftar layanan ini agar bisa menghubungi dan bersilaturahmi dengan keluarga,” ujarnya, Sabtu (29/5/2021).

Menurutnya, walaupun belum bisa bertemu secara langsung karena kunjungan belum dibuka, warga binaan tetap bisa melakukan silaturahmi secara online melalui video call,” jelasnya.

Disebutkan bahwa sebanyak 280 warga binaan telah memanfaatkan layanan ini, yang mana masing-masing warga binaan diberi kesempatan untuk bersilaturahmi dengan keluarganya dengan dibatasi durasi 10 menit.

Untuk jam layanan sendiri sementara dilakukan mulai pukul 09.00-11.30 WIB, dan 13.00-14.30 WIB.

Cherry, salah satu narapidana mengaku sangat bahagia bisa berjumpa dengan orang tua meski hanya melalui video call.

Untuk tahun ini, perangkat video call diperbanyak, dan Cherry merasa bahagia bisa silaturahmi dengan keluarga.

Diketahui, pada momen lebaran kemarin, layanan penerimaan barang untuk narapidana terus mengalir, hingga petugas harus membatasi barang yang diterima narapidana.

“Banyak sekali barang yang datang, namun karena sudah terbiasa, petugas LPP Semarang tidak mempermasalahkannya,” imbuh Kristiani.

Begitupun pada hari kedua Lebaran, LPP Semarang juga diramaikan dengan warga binaan yang menerima video call dari sanak keluarganya.

Ning