blank
Puluhan pelajar NU PAC Adimulyo, Kebumen, melakukan aksi peduli lingkungan bersih-bersih Pantai Silumut Desa Sidoharjo, Kecamatan Puring.(Foto:SB/Ist)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Pengurus Pimpinan Anak Cabang (PAC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPNU – IPPNU) Kecamatan Adimulyo, Kebumen, melakukan bersih-bersih Pantai Silumut, Desa Sidoharjo, Kecamatan Puring, Rabu (26/05).

Aksi yang dilakukan sekitar 40 pelajar NU di Pantai Silumut ini merupakan salah satu program kerja pengurus Pelajar NU PAC Adimulyo untuk mengasah jiwa peduli kebersihan lingkungan.

Pembina PAC IPNU – IPPNU Kecamatan Adimulyo Anas Jalali mengungkapkan, kegiatan bersih pantai tersebut sebagai upaya untuk menanamkan jiwa peduli kebersihan lingkungan kepada para pelajar.

“Jika pelajar sudah memiliki rasa tanggung  jawab akan kebersihan lingkungan, maka bisa menjadi inspirasi bagi masyarakat. Kebersihan di tempat umum seperti lokasi wisata adalah tanggungjawab kita bersama sesuai slogan Kebumen, yakni bersih, indah, manfaat,  aman dan nyaman (Beriman).”

blank
Pelajar putri NU (IPPNU) Adimulyo Kebumen di hari libur 26/5 membersihkan sampah di Pantai Silumut, Puring.(Foto;SB/Ist)

Aksi dimulai Pukul 07.30 sampai dengan 13.00 WIB berjalan lancar dan dengan protokol kesehatan saat kondisi udara cerah. Sampah daun, kertas dan plastik serta kayu dan bambu yang berserakan di kawasan Pantai Silumut dikumpulkan sehingga pantai menjadi lebih bersih dan rapi.

Ketua PAC IPNU Adimulyo Muhtar Hadi menyatakan, di ihari libur itu puluhan pelajar NU ke pantai bukan liburan semata, melainkan untuk bersih- bersih pantai. Harapannya, program IPNU yang berkaitan dengan peduli lingkungan seperti ini bisa mendapat dukungan dari masyarakat.

Atas program yang dilakukan tersebut mendapat respons yang sangat positif dari masyarakat maupun  pengunjung. Ibu Nurohmah, salah satu wisatawan Pantai Silumut mengaku sangat mengapresiasi kegiatan tersebut.

“Pokoknya selama itu program baik untuk pelajar dan masyarakat, saya sangat mendukung. Apalagi pantai ini menjadi bersih dan rapi,’’ujar wanita tersebut.

Pantai Silumut merupakan objek wisata yang baru di Desa Sidoharjo, Kecamatan Puring. Kawasan pantaianya sebagian dipenuhi pepohonan. Arealnya landai dan mendatar serta masih bisa dijumpai para pemancing. Penjual makanan dan minuman telah ada di kawasan pantai selatan Kebumen yang indah itu.

Komper Wardopo