blank
Kapolres Banjarnegara, AKBP Fahmi Arifrianto, SH, SIK, MH, M.Si bersama Direktur RSU PKU Muhammadiyah Banjarnegara, dr. Bugar Wijiseno usai penandatanganan kerja sama Sarsipol. Foto: Dok Humas Polres Banjarnegara/Ist.

BANJARNEGARA (SUARABARU.ID) – Polres Banjarnegara bersama RSU PKU Muhammadiyah Banjarnegara melakukan penandatanganan kerja sama Sarsipol di Aula RSU PKU Muhammadiyah Purwonegoro Banjarnegara, Jum’at (21/5/2021).

Sarsipol (Sehat Aman Rumah Sakit Indonesia Pelayanan Online) adalah wadah organisasi yang diinisiasi Polres Banjarnegara bersama Rumah Sakit Islam (RSI) Banjarnegara merupakan terobosan baru untuk mempercapat penanganan laporan masyarakat, dan melakukan penanganan Covid-19.

Kapolres Banjarnegara, AKBP Fahmi Arifrianto, SH, SIK, MH, M.Si menyampaikan, kerja sama tersebut bertujuan untuk mewujudkan sinergitas sumber daya, guna memaksimalkan upaya pelayanan kesehatan di masa pandemi Covid-19 kepada masyarakat di wilayah Banjarnegara.

“Tujuan Sarsipol ini bisa memberikan manfaat untuk masyarakat Banjarnegara dengan terus memperbaharui sumber daya manusia, mutu, produk dan inovasi,” kata Fahmi.

Menurutnya, tenaga kesehatan harus bisa lebih bermanfaat untuk masyarakat Banjarnegara. “Mindset awal ikut Sarsipol itu apa yang bisa dilakukan untuk masyarakat, bagaimana membuat terobosan kreatif dimasa pandemi Covid-19 ini,” tukasnya.

Fahmi menegaskan, apabila sudah ikut Sarsipol berarti sudah menjadi keluarga, satu sama lain saling membimbing, dan menolong. “Yang menjadi role model di Sarsipol ini adalah kebersamaan,” kata dia.

Fahmi berpesan, agar setiap anggota Sarsipol mempunyai ide dan inovasi, mengingat saat ini tidak lagi seperti jaman dulu sebelum Covid-19.

Direktur RSU PKU Muhammadiyah Banjarnegara, dr. Bugar Wijiseno mengatakan, pihaknya bergabung dengan Sarsipol agar bisa melayani masyarakat lebih baik. “Sinergitas untuk mengoptimalisasi upaya kesehatan dan pelayanan kesehatan,” tuturnya.

Karena, untuk memelihara dan meningkatkan derajat kesehatan masyarakat dalam bentuk pencegahan penyakit, peningkatan kesehatan, pengobatan penyakit dan pemulihan kesehatan harus dilakukan dengan sinergi semua pihak.

“Dalam mewujudkan upaya kesehatan harus dilakukan secara terpadu, terintegrasi, dan berkesinambungan,” tandasnya.

Sebelumnya, Polres Banjarnegara sudah melakukan kerja sama dengan RSI yang berlangsung pada 15 September 2020. Launching dilakukan oleh Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin Maimoen pada rangkaian silaturahmi kebhinekaan di Pendopo Dipayuda Adigraha pada 17 September 2020.

Selanjutnya pada tanggal 24 September 2020, Kapolda Jawa Tengah, Irjen Pol Ahmad Luthfi meresmikan gedung Sarsipol dan aplikasi Sarsipol.

Seiring berjalannnya waktu, anggota Sarsipol terus bertambah. Saat ini sudah ada 14 anggota meliputi Polres Banjarnegara, RSI, Keluarga Besar Driver On Line Banjarnegara (KBDOB), Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STIMIK) Tunas Bangsa Banjarnegara, Rumah Sakit Emanuel Yakkum, STIE Tamansiswa, Paguyuban Resto Online, PT. Indonesia Power Mrica PGU, Kejaksaan Negeri Banjarnegara, Pengadilan Negeri Banjarnegara Kelas II, Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Persatuan Ahli Farmasi Indonesia (PAFI) Cabang Banjarnegara, Pengurus Daerah Kabupaten Banjarnegara Ikatan Notaris Indonesia dan RSU PKU Muhammadiyah Banjarnegara.

Ning