Ganjar bersama Megawati menyampaikan apresiasinya, atas lukisan hasil karya perupa Djoko Susilo berjudul 'Ibu Megawati Bersama Anak-anak Indonesia'. Foto: dok/ist

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Wajah Megawati Soekarnoputri terlihat berbinar ceria, ketika berdiri di antara puluhan anak-anak. Di depannya, berjejer beberapa anak-anak dari beragam etnis dan agama, yang nampak sumringah. Di belakangnya, anak-anak lainnya menampilkan keriangan yang tergambar dari tangan-tangan mereka yang melambai.

Itulah gambaran lukisan karya Djoko Susilo berjudul ‘Ibu Megawati Bersama Anak-anak Indonesia’. Lewat akun instagramnya, @djokosusilopainting, dia mengunggah video vlog Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, saat menyerahkan lukisan itu kepada Presiden RI ke-5 Megawati Soekarnoputri, Sabtu (22/5/2021).

”Pak Joko, lukisan sudah diterima ibu. Ibu seneng banget gambar anaknya ceria-ceria. Monggo Bu ke Pak Joko, pesannya apa Bu,” kata Ganjar dalam video itu.

BACA JUGA: Per 24 Mei 2021 KPP Pratama Purworejo Berhenti Beroperasi

Megawati pun langsung menimpali. ”Pak Joko matur nuwun nggih. Sesuai seperti yang saya inginkan. Sekali lagi matur nuwun,” ungkap Megawati.

Lukisan itu memang dititipkan Djoko kepada Ganjar. Ganjar pun berangkat ke Jakarta pada Jumat (21/5/2021), khusus untuk menyerahkan lukisan itu kepada Megawati.

Ketika melihat lukisan itu, putri Bung Karno itu langsung tersenyum sumringah. Dan momen itu diabadikan Ganjar melalui vlog-nya. Video itu kemudian dia kirimkan kepada Djoko, dan langsung diunggah.

BACA JUGA: Awas, Sejumlah Provinsi Berpotensi Hujan Lebat, Petir, dan Angin Kencang

Nuansa hangat dan gembira itu digoreskan secara apik oleh perupa, Djoko Susilo, di atas kanvas berukuran 150 x 150 centimeter. Djoko mengisahkan, lukisan itu bisa lahir berkat surat tanggapan dari Megawati kepada Buya Syafii, yang menulis kolom di media massa, tentang merawat kebhinekaan.

Kepada Buya Syafii, kata Djoko, Megawati menambahkan pentingnya peran perempuan dalam merawat kebhinekaan.

”Lewat senyum Ibu Megawati dan anak-anak di sekelilingnya itu, yang ingin saya gambarkan adanya kebhinekaan lewat sosok ibu dan anak-anak,” terang Djoko Susilo, Sabtu (22/5/2021).

BACA JUGA: Pangeran Harry Minum Alkohol Karena Sakit Kehilangan Ibunya dan Kerajaan Abaikan Keluarganya

Tapi kenapa Djoko merasa ingin melukis Megawati? Menurutnya, sampai saat ini sosok perempuan di Tanah Air yang pernah menempati posisi tertinggi di Republik ini adalah putri proklamator Soekarno itu. Dengan alasan ini, sangat relevan jika Megawati menjadi gambaran bagi ibu-ibu di negara ini.

”Beliau juga telah mengalami perjuangan yang luar biasa. Dan saya ingin lukisan itu sampai di tangan beliau. Akhirnya saya minta tolong Pak Ganjar untuk menyampaikan,” katanya.

Djoko berharap, dari lukisan itu bisa menginspirasi siapa pun di tengah kehidupan negara yang majemuk ini. ”Jangan tinggalkan ibu-ibu dan anak-anak dalam usaha merawat persatuan, dan merawat kebhinekaan,” pesan dia.

Riyan-Sol