blank
Dalam pertemuannya dengan CEO Shopee, Ganjar berharap adanya pengembangan usaha UMKM dengan dibukanya Shopee Center di Desa. Foto: dok/ist

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, mengajak Shopee untuk berkontribusi nyata dalam pemberdayaan dan peningkatan kualitas UMKM Jateng. Dia mendorong, agar ada Shopee Center di desa untuk meningkatkan kapasitas penjualan UMKM di sana.

Hal ini disampaikan Ganjar, usai bertemu CEO Shopee dan Executive Director Rajawali Foundation, dalam rangka merencanakan program pemberdayaan, kemitraan dan peningkatan kualitas UMKM Indonesia, khususnya di Jateng, di ruang kerjanya, Selasa (18/5/2021).

”Dia ingin meningkatkan kapasitas penjualan, wabil khusus produk UMKM. Lha ini saya tertarik sekali, kepeduliannya kepada UMKM sama. Dia siap bantu,” kata Ganjar lagi.

BACA JUGA: Covid-19 di Kabupaten.Magelang, Terkonfirmasi Corona 186 Orang

Bantuan yang ditawarkan Shopee adalah, dengan menjualkan dan meningkatkan kapasitas penjualan. Namun menurut Ganjar, itu saja tidak cukup. Sehingga dia mendorong Shopee bisa lebih bergerilya lagi mendorong UMKM yang ada di desa.

”Buat saya tidak cukup kalau kita hanya naruh saja di marketplace-nya. Tapi mau nggak kemudian ada training, ada bantuan atau Shopee investment untuk satu teknologi pelatihan. Ternyata dia mau, dan akan membuat shopee center di beberapa desa,” ujar Ganjar.

Shopee Center ini nantinya diharapkan bisa memberdayakan UMKM yang ada di Desa. Dia mengambil contoh produk unggulan dari Banyumas, Gula Semut. Shopee Center mengambil peran memberikan pelatihan, tak hanya soal kuantitas namun juga kualitas.

BACA JUGA: Pemkab Blora Dukung Ditjen Cipta Karya Membangun TPA Temurejo

Contoh lain, produk batik yang menjadi khas Solo Raya dan Pekalongan Raya. Shopee Center dapat berperan untuk melatih UMKM guna meningkatkan dari sisi kuantitas untuk pasar lokal dan kualitas untuk pasar internasional.

”Dan itu disetujui. Maka saya pengin komitmennya diwujudkan dalam bentuk shopee center yang ada di desa,” tandasnya.

Dalam pertemuan itu, hadir Co Founder SEA Group (Shopee) Gang Ye, Executive Director Rajawali Foundation Agung Binantoro, Senior Manager Rajawali Foundation Anugraha Dezmercoledi, dan Shopee Representative, Kiki.

Di pertemuan itu pula, Ganjar memamerkan sejumlah produk UMKM yang terpajang di etalase ruang kerjanya. Di antara beberapa produk UMKM yang sudah masuk pasar internasional dengan packaging menarik dan beberapa lainnya, yang belum namun bisa dikembangkan.

Riyan-Sol