blank
Petugas kesehatan Kecamatan Dukun, memvaksin salah satu lansia. Foto: Eko Priyono

KOTA MUNGKID (SUARABARU.ID) – Babinsa Koramil 15/Dukun dan Bhabinkamtibmas Polsek Dukun, Kabupaten Magelang, melaksanakan pendampingan vaksinasi tahap 1 kepada warga lanjut usia (lansia) Desa/ Kecamatan Dukun, hari ini. Pemberian vaksin dengan target 120 lansia dilakukan di Puskesmas Dukun.

Sebelum pelaksanaan vaksin, seluruh peserta terlebih dahulu melakukan beberapa tahapan. Antara lain mendaftarkan diri, dicek tensi dan suhu badannya, serta discreening oleh petugas kesehatan.  Setelah dinyatakan sehat dan memenuhi syarat, peserta divaksin.

Sedangkan untuk mengetahui ada tidaknya reaksi yang ditimbulkan setelah divaksin, peserta harus menunggu 30 menit. Setelah itu baru diizinkan untuk pulang.

Bidan Desa Dukun, Sri Suwartini (41) menginformasikan bahwa vaksin yang diberikan kepada lansia jenis Sinovac. Dari 120 lansia yang akan divaksin, yang bisa hadir 107 orang. Sedangkan yang bisa divaksin 100 orang. “Ada tujuh orang belum bisa divaksin karena tidak lolos screening,” jelasnya.

Danramil Kapten Kav Winarto menjelaskan bahwa babinsa dan bhabinkamtibmas dalam melaksanakan pendampingan bertujuan agar bisa menimbulkan rasa nyaman dan aman.

“Saya perintahkan babinsa untuk mendampingi pelaksanaan vaksin serta memberikan pemahaman kepada lansia bahwa vaksin itu aman, jadi masyarakat tidak perlu takut,” jelasnya.

Eko Priyono