blank

JEPARA (SUARABARU.ID)– Banyaknya perokok yang beralih ke racikan tembakau murni, membuat seorang warga Desa Tahunan, Kecamatan Tahunan, Kabupaten Jepara, menangkap peluang usaha dengan membuat kotak dari kayu sebagai tempat menyimpan tembakau.

Solikul, warga Dukuh Tendoksari, RT 3 RW 6 Desa Tahunan yang kesehariannya bekerja sebagai tukang kayu mencoba mengumpulkan limbah kayu bekas produksi mebel. Kemudian dia merangkai menjadi kotak penyimpan tembakau yang unik.

blank

Ketika suarabaru.id berkesempatan mengunjungi tempat kerjanya, dirinya sedang mengerjakan pesanan kotak dari seorang customer asal luar kota. “Saat ini pesanan sangat banyak. Kebanyakan pesanan datang dari luar kota Jepara”, kata Solikul.

“Kami memproduksi kotak tembakau dengan menggunakan kombinasi kayu jati, kayu sonokeling, dan kayu jati londo”, lanjut dia.

Lebih lanjut Solikul mengatakan, kotak tempat penyimpanan tembakau ini diproduksi secara terbatas dan eklusif sesuai dengan permintaan konsumen dan tingkat kesulitan desainnya.

blank

“Biasanya konsumen minta diberi sentuhan ukiran pada penutup kotak. Kami juga melayani membuat logo club bagi penggemar sepak bola, atau logo suatu komunitas. Kami juga membuat tempat korek api dari kayu”, terang Solikul.

Satu buah kotak tembakau dibanderol Solikul dengan harga Rp. 70.000 sampai Rp.100.000. Tergantung dari tingkat kesulitan dan desainnya. Saat ini pesanan datang dari Jawa Timur, Kalimantan, dan Sumatera.

blank

Produk kotak tembakau milik Solikul diberi nama ‘Lang Jagad Satria’ seperti yang tertera di akun media sosialnya facebook. “Pemasaran saat ini masih mengandalkan online dan marketplace. Sedangkan untuk no WA 089666406858,” ujar Solikul.

Ulil Abshor