Salah satu tarian yang akan memeriahkan Hari Tari Dunia 2021.

JEPARA ( SUARABARU. ID) – Dalam rangka memperingati Hari Tari Dunia (Hatadu), Dewan Kesenian Daerah (DKD) Kabupaten Jepara akan menyuguhkan tarian bertajuk “Bumi Kartini Menari” . Acara ini akan didukung 75 penari  dari 26 sanggar tari yang ada di Jepara.

Ketua DKD Jepara, Kustam Eka Jalu.

“Pestas  yang akan dilakukan  secara daring  ini bisa ditonton di Channel YouTube Jepara Art Culture milik DKD Jepara tanggal 29 April ini jam 20.00 WIB,” ujar Kustam Eka Jalu, Ketua DKD Jepara.

“Harapan kami,  karya  tari  yang mengandung unsur kearifan lokal dan budaya Jepara ini

bisa dinikmati seluruh lapisan masyarakat. Ini juga ikhtiar  untuk mendorong terpeliharanya kreatifitas para penari,” ujar Kustam, Selasa (27/4/2021). Setidaknya sudah ada 20-an karya tari yang dikirim kepada DKD Jepara untuk dipentaskan secara daring.

Salah satu tari yang akan tampil pada peringatan Hari Tari Dunia.

Kustam menyebut,  puluhan karya yang sudah diterima merupakan kiriman dari sanggar tari, sekolah mulai jenjang SD hingga SMA serta sejumlah komunitas dan kelompok kesenian.

Pentas tari tersebut menurut Kustam juga merupakan langkah untuk menjangkau kantong-kantong sanggar tari yang tersebar di seluruh wilayah Jepara. Dirinya melihat, banyak sekali seniman-seniman tari yang memiliki karya-karya luar biasa. Terutama karya koreografi tari dengan kearifan lokal Jepara.

Sementara itu, panitia Pelaksana, Rhobi Shani, mengatakan kegiatan peringatan hari tari ini merupakan kali pertama di laksanakan di Bumi Kartini. Semula, hendak diformat sebanyak ratusan penari menari bersama. Namun, mengingat masih dalam masa pandemi covid-19, format itu diubah menjadi pentas daring.

Bumi Kartini Menari akan menampikan tarian dari Sanggar Andakara,Sanggar Sekar Kinasih, Sanggar Danangdjoyo Karimunjawa, Sanggar Sekar Arum,  Sanggar Sekar Satya, Sanggar Bayi Wingi Sore, Sanggar Srikandi, Sanggar Arena Langen Budoyo, Yayasan Lembayung Kalinyamatan.

Juga Ikatan Pemuda Prapatan Kalipucang Wetan,  Karang Taruna Satria Mandiri Kendengsidialit Welahan, SD Negeri Senenan 1, SD Negeri Manyargading 2, SD Negeri 3 Purwogondo 3, SD Negeri Panggang 4 Jepara,  SD Negeri Panggang 9 Jepara,  SD Negeri Jambu 2 Mlonggo,  SMP Negeri 1 Mlonggo, SMP Negeri 2 Jepara, SMP Negeri 2 Kembang.

Sementara dari SMA juga akan tampil SMA N 1 Nalumsari,SMA N 1 Pecangaan, SMA N 1 Tahunan, SMA N 1 Jepara, SMK N 3 Jepara dan MGMP Seni Budaya SMP.

Hadepe – Ulil Abshor