Bupati Wonosobo Afif Nurhidayat ketika ramah tamah dengan warga usai safari shalat Jumat. Foto : SB/Muharno Zarka

WONOSOBO (SUARABARU.ID) – Bupati Wonosobo Afif Nurhidayat melakukan safari dan silaturahmi shalat Jumat perdana di Masjid Al Mubarok Dusun Sumber Desa Lumajang Kecamatan Watumalang Wonosobo, Jumat (23/4).

Dalam safari dan silaturahmi Jumat tersebut, Bupati sekaligus bertindak sebagai imam shalat Jumat. Sedangkan khotbah disampaikan oleh Aziz Nuri Haryono juga Ketua Komisi B DPRD yang tak lain adalah kakak kandungnya.

Safari dan silaturahmi shalat Jumat dihadiri Plt Camat Watumalang Tono Prihatono yang juga Kabag Tata Pemerintahan Setda, jajaran Forkopimcam setempat dan beberapa Kepala Desa di wilayah Watumalang.

Usai sholat jumat acara dilanjutkan dengan ramah-tamah antara Bupati Afif Nurhidayat dengan masyarakat setempat. Orang nomer satu di Wonosobo itu, menyampaikan berbagai hal, seperti larangan mudik lebaran dan menerbangkan balon udara.

Ketua Takmir Masjid Al Mubarok Dusun Sumber, Satoto, menyampaikan rasa senang atas kedatangan Bupati Wonosobo tersebut. Apalagi dalam momen shalat Jumat itu Afif berkenan menjadi imam shalat Jumat.

“Pak Afif Nurhidayat ternyata bukan saja sebagai Bupati pemimpin masyarakat. Tapi juga dapat menjadi pemimpin dalam beribadah atau shalat Jumat. Selain menguasai bidang pemerintahan, mahir pula dalam masalah keagamaan (Islam),” tuturnya.

Pada ramah tamah tersebut, Satoto menyampaikan masukan terkait beberapa infrastruktur khususnya di Desa Lumajang dan umumnya di Kecamatan Watumalang yang perlu mendapatkan perhatian dari pemerintah.

“Di antaranya adalah jalan yang rusak dan senderan yang longsor sehingga mengancam keselamatan pengguna jalan dan kelancaran tranportasi warga setempat menuju Wonosobo. Ruas jalan yang rusak ada di beberapa titik antar desa,” keluhnya.

Terjalin Komunikasi

Sejumlah warga Dusun Sumber Desa Lumajang Watumalang menyambut kedatangan Bupati Wonosobo. Foto : SB/Muharno Zarka

Namun pihaknya menyadari anggaran pemerintah sangat terbatas untuk pembangunan infrastruktur karena adanya refokusing untuk penanganan Covid 19. Warga berharap agar apa yang menjadi masukan diperhatikan pemerintah.

Bupati Wonosobo Afif Nurhidayat menyampaikan pembangunan infrastruktur akan menjadi perhatian pemerintah yang dipimpinnya. Terutama jalan rusak, termasuk yang diusulkan oleh masyarakat Watumalang.

“Semua masukan masyarakat akan ditampung dalam sistem perencanaan dan pada gilirannya nanti akan menjadi prioritas pembangunan. Ke depan akan ada program ruas tuntas untuk memperbaiki semua jalan yang rusak di Wonosobo,” tegasnya.

Bupati dan Wakil Bupati Muhammad Albar mohon doa dan restu pada masyarakat agar bisa mengemban jabatan dengan amanah. Harus terjalin komunikasi yang baik antara pemimpin dengan masyarakat yang dipimpinnya.

“Ini adalah safari dan silaturahmi shalat Jumat perdana. Selama menjabat saya akan melakukan sholat Jumat keliling desa. Bersilaturrahim ke desa agar komunikasi antara pemimpin dengan masyarakat dapat terjalin dengan baik,” terangnya.

Selain menampung usulan dari masyarakat, Bupati juga berpesan, agar para perantau di luar daerah mengikuti himbauan pemerintah untuk tidak mudik pada lebaran tahun ini. Warga juga dilarang membuat petasan dan menerbangkan balon udara.

“Saya berpesan kepada masyarakat untuk mentaati himbauan pemerintah, agar tidak mudik, tidak membuat petasan dan menerbangkan balon udara secara liar,” pintanya.

Menurutnya, menerbangkan balon udara saat lebaran memang sudah tradisi, tetapi itu membahayakan bagi keselamatan penerbangan pesawat. Karena itu, warga harus ikut menjaga keselamatan pelaku penerbangan.

Muharno Zarka