blank
Satpol PP Kabupaten Sukoharjo membongkar aksi seorang pengemis yang pura-pura lumpuh di Pasar Ir Soekarno.

SUKOHARJO (SUARABARU.ID) – Banyak cara yang dilakukan pengemis untuk mendapat belas kasihan dari masyarakat. Di Pasar Ir Soekarno, ada seorang pengemis pura-pura lumpuh.

Aksi tipu-tipu tersebut, dibongkar Satpol PP Sukoharjo, Kamis (22/4/2021). Dari tangan pengemis tersebut, petugas Satpol PP menemukan uang senilai Rp 500.000 lebih. Uang tersebut diduga merupakan hasil mengemis.

Kepala Satpol PP Sukoharjo Heru Indarjo mengatakan, pengemis tersebut berdomisili di Kota Solo. Namun dia mengaku, dari Solo menuju Sukoharjo naik ojek online. “Dari pengakuannya baru dua jam mangkal di Pasar Ir Soekarno sudah mampu mengantongi uang senilai Rp 200.000,” ujar Heru.

Modus yang digunakan pengemis itu adalah pura-pura lumpuh kaki sehingga menarik orang untuk mengasihinya. Dari modus itu banyak masyarakat yang memberikan uang pada lelaki itu. Atas temuan tersebut, kata Heru, pihaknya akan meningkatkan patroli ke wilayah.

Terlebih di bulan ramadhan ini banyak yang memanfaatkan situasi untuk mencari keuntungan pribadi dengan cara yang tidak benar.”Petugas terus melakukan operasi pengemis dan pengamen. Di setiap bulan Ramadan memang keberadaan pengemis dan pengamen naik,” katanya.

WIB