blank
Jasad korban dibawa ke Puskesmas Godong untuk dilakukan pemeriksaan luar sebelum diserahkan kepada pihak keluarga. Foto : ist.

GROBOGAN (SUARABARU.ID) – Seorang remaja berusia 13 tahun ditemukan tewas di aliran sungai irigasi lambung Klambu Kiri, Selasa (20/4/2021) malam. Peristiwa ini bermula saat korban bernama Muhammad Husni tengah bermain di aliran sungai bersama lima rekannya sesama santri dari sebuah ponpes di Godong.

Saat itu, sekitar pukul 14.00 WIB, korban yang beralamat di Desa Manggarwetan, Kecamatan Godong,  dan teman-temannya berenang di sekitar sungai tersebut. Selang sekitar 30 menit kemudian, teman-temannya mencari keberadaan korban. Mereka meyakini korban tenggelam dan berusaha mencari keberadaan Husni.

Karena tidak kunjung menemukan korban, mereka melaporkan kejadian tersebut kepada pengasuh pondok. Peristiwa ini juga dilaporkan ke Mapolsek Godong.

Usai menerima laporan tersebut, personel Polsek Godong bersama BPBD Grobogan dan para sukarelawan bergerak mencari keberadaan korban.

blank
Persiapan tim sukarelawan untuk mencari jasad korban di sekitar Sungai Irigasi Klambu Lambung Kiri. foto : ist.

Kasi Kedaruratan BPBD Groboogan, Masrikan mengatakan, Operasi SAR pun dilakukan dengan membagi dua tim. Pukul 16.30 dilaksanakan evaluasi dan menyusun rencana operasi lanjutan. Dengan kondisi air saluran yang sudah surut dengan kedalam sekitar 60 cm, maka operasi SAR difokuskan untuk melakukan penyisiran dengan manual.

“Tim dibagi dua, tim pertama melalukan penyisiran dari TKP  sampai radius 2 Km. Tim dua menyisir secara estafet dengan dibagi menjadi tim kecil berjalan menyisir di tepi saluran ke hilir sampai pintu air Karanganyar,” jelas Masrikan.

Pencarian sempat dihentikan pukul 17.50 WIB. Usai berbuka puasa dan shalat magrib, pencarian terhadap korban kembali dilakukan tim.

“Pada pukul 20.00 WIB, tim dua berhasil menemukan korban di tepi sungai dalam kondisi meninggal dunia. Lokasi penemuan berjarak kurang lebih 4 kilometer dari TKP,” tambah Masrikan.

Hal yang sama diungkapkan Kapolsek Godong, Iptu Daryanto. Dalam keterangannya, jasad korban kali pertama ditemukan Untung, warga Dempet, Kabupaten Demak, yang hendak menjaring ikan di aliran sungai lambung kiri.

“Kemudian yang bersangkutan langsung melaporkan ke Polsek Dempet. Pihak kepolisian dari Polsek Dempet langsung menyerahkan jenazah korban kepada pihak keluarga,” jelas Iptu Daryanto.

Sebelum dibawa kepada pihak keluarga, jasad korban dibawa ke Puskesmas Godong I untuk dilakukan pemeriksaan luar. Usai diperiksa, jenazah diserahkan kepada pihak keluarga untuk dimakamkan. “Korban tewas diduga tidak bisa berenang, sehingga korban tenggelam,” terang Iptu Daryanto.

Hana Eswe