blank
PT KAI memasang livery khusus Ramadan pada lokomotif. Foto: Dok/KAI

SURAKARTA(SUARABARU.ID) – PT KAI melayani 28.000 pelanggan KA Jarak Jauh/ hari selama minggu pertama bulan Ramadan. Pelanggan yang dilayani selama periode  13 – 20 April 2021, jumlahnya masih relative stabil dengan rata-rata pengguna jasa KA Jarak Jauh perhari di bulan April berada di sekitar 30 ribu pelanggan.

“Volume pelanggan KA Jarak Jauh masih normal. Tidak ada peningkatan yang signifikan menjelang dimulainya pemberlakuan pembatasan transportasi kereta api pada 6 sampai dengan  17 Mei 2021,” kata Manager Humas PT KAI Daop 6 Yogyakarta, Supriyanto, mengutip pernyataan Vice President Public Relations KAI Joni Martinus, Rabu (21/4).

Untuk penjualan tiket keberangkatan 21 April sampai dengan 5 Mei 2021,lanjut Supriyanto,  sejauh ini masih belum ada peningkatan yang signifikan.

Tiket yang terjual masih sekitar 20-30 persen dari jumlah yang disediakan KAI. Jumlah tiket yang terjual masih akan terus meningkat karena penjualan tiket masih berlangsung.

Sejauh ini KAI tetap mengoperasikan kereta api dengan normal sesuai protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah.

“KAI mendukung penuh seluruh kebijakan pemerintah dalam hal penanganan Covid-19 pada moda transportasi kereta api,” kata Supriyanto.

Dalam memeriahkan bulan suci Ramadan, PT KAI (Pesero) dengan menghadirkan ornamen Ramadan pada lokomotif, kereta, dan stasiun. “Tujuannya agar pelanggan dapat merasakan nuansa Ramadan saat berada di stasiun maupun di atas kereta api,” tambah Supriyanto.

LAI memasang livery khusus Ramadan pada lokomotif yang dirangkaikan pada dua rangkaian KA Argo Bromo Anggrek (Gambir-Surabaya Pasar Turi pp), dua rangkaian KA Bima (Gambir-Surabaya Gubeng pp), dua  rangkaian KA Argo Parahyangan (Gambir-Bandung pp).

Juga  dipasang di dua rangkaian KA Argo Wilis (Bandung-Surabaya Gubeng pp), dua rangkaian KA Argo Dwipangga (Solo-Gambir pp) dan satu rangkaian KA Argo Lawu (Gambir-Solo Balapan pp).

“Kami harap dengan hadirnya ornamen dengan tema Ramadhan di lokomotif, kereta, dan stasiun dapat turut menyemarakkan hadirnya bulan suci Ramadhan bagi para pelanggan KAI,” kata Supriyanto

Bagus Adji