blank
Penyerahan kenang-kenangan daeri Ketua KPOTI Pusat kepada Asisten I Sekda Jepara disaksikan Ketua KPOTI Kab Jepara Ahmad Kholik.

JEPARA (SIARABARU.ID) – Sebanyak 31 pengurus Komite Permainan Rakyat dan Olahraga Tradisional Indonesia (KPOTI) Kabupaten Jepara periode 2021 – 2025 dilantik, Selasa (20/4/2021) sore di Pendopo R.A Kartini. Pelantikan dilakukan Ketua Umum KPOTI Pusat M. Zaini Alif.

Pelantikan dihadiri juga oleh Asisten I Sekda Jepara Dwi Riyanto dan jajaran pengurus KPOTI Provinsi Jawa Tengah serta sejumlah undangan lainnya.

blank

Asisten I Sekda Jepara Dwi Riyanto mengatakan, pelantikan jajaran KPOTI ini menjadi momentun untuk mengembangkan permainan rakyat dan olahraga tradisional di Jepara. Saat beragam permainan yang dapat dijumpai, seperti egrang, engklek, gobak sodor, bentengan, lompat tali, hingga permainan kelereng.

blank

Sementara itu Ketua Umum KPOTI Pusat M. Zaini Alif mengatakan, melestarikan permainan dan olahraga tradisional ini bukan tugas yang mudah. Perlu perjuangan yang keras dan terus dilakukan. Permainan dan olahraga tradisional ini adalah bentuk implementasi budaya asli bangsa Indonesia yang harus dipertahankan.

“Beberapa surat-surat R.A Kartini, banyak sekali dijumpai kata bermain atau permainan. Ada lebih dari 30 kata bermain, yang ditulis pahlawan emansipasi wanita itu. Ini artinya, R.A Kartini menaruh perhatian lebih kepada kebebasan anak-anak pada masanya untuk melakukan aktivitas bermain,” kata dia.

blank

Ketua Umum KPOTI Jepara Ahmad Kholik mengatakan, bersama dengan angotanya siap berkomitmen memajukan permainan dan olahraga tradisional di Bumi Kartini.

blank

Disampaikan bahwa, Jepara merupakan salah satu gudangnya permainan tradisional. Hal ini sebagaimana dilihat pada masa Raden Ajeng Kartini.

Hadepe-ua

blank