blank
Kasat Lantas AKP Sri Martini saat meminta seorang pengendara menggunakan masker yang baru saja diberikannya. Foto : hana eswe.

GROBOGAN (SUARABARU.ID) – Momentum Hari Kartini membuat Satlantas Polres Grobogan mengadakan kegiatan unik. Kegiatan tersebut bertajuk Kartini Zebra Grobogan, yakni sejumlah Polwan mengenakan kebaya membagikan takjil dan masker gratis kepada para pengendara, Rabu (21/4/2021).

Meski terik panas masih terasa, namun tidak menghalangi para Polwan ini turun ke jalan membagikan takjil dan masker kepada para pengendara yang melintas di perempatan Ruko Kencana. Kegiatan ini dipimpin langsung Kasat Lantas Polres Grobogan, AKP Sri Martini didampingi anggotanya dari semua unit serta Kasubbag Humas, Iptu Umbarwati.

blank
Anggota Polwan yang menggunakan pakaian kebaya ini memberikan takjil gratis kepada pengendara. Foto : hana eswe.

Acara pembagian takjil dimulai ketika AKP Sri Martini melihat pengendara sepeda motor yang tidak mengenakan masker. Pihaknya mengingatkan kepada pengendara tersebut agar tetap menggunakan masker saat berada di luar rumah, termasuk pada saat mengendarai sepeda motor.

“Jangan lupa pakai masker. Pandemi belum berakhir. Ini saya berikan masker, langsung dipakai. Puasa ‘kan? Ini kami juga memberikan takjil untuk disantap nanti saat berbuka,” kata AKP Martini, sapaan akrabnya.

Tak hanya dibagikan kepada pengendara yang berada di simpang jalan S. Parman. Pembagian takjil ini juga dilakukan di traffic light Jalan R. Suprapto depan RS Yakkum Purwodadi. Di sana, AKP Martini kembali mengimbau kepada pengemudi pick up yang tengah berhenti, namun tidak mengenakan masker.

blank
AKP Sri Martini menyerahkan bantuan sembako kepada warga tidak mampu yang kebetulan melintas di jalur tersebut. Foto : hana eswe.

“Pak, ini masker buat panjenengan. Jangan lupa dipakai meskipun sambil mengemudi. Masker harus dipakai saat bepergian keluar rumah karena pandemi belum berakhir. Ini juga ada takjil buat buka puasa, ya Pak,” jelas AKP Martini.

Selain memberikan takjil dan masker gratis, pihaknya juga menyerahkan bantuan berupa paket beras dan mie instan kepada warga tidak mampu yang berada di sekitar persimpangan tersebut. Beberapa warga tersebut terdiri dari tukang parkir, tukang becak, pemulung, dan tukang sapu. Terlihat aura sumringah dari wajah para penerima bantuan tersebut.

“Terima kasih ya, Bu. Semoga ibu dan semua polisi di Grobogan selalu sehat, diberikan rejeki cukup dan pekerjaannya lancar,” ujar para penerima paket sembako tersebut.

Dikatakan AKP Martini, kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Kartini yang jatuh bertepatan dengan bulan Ramadhan. Secara sederhana, momentum Kartini ini dilaksanakan dengan kegiatan sosial dari Satlantas Polres Grobogan.

blank
Para kartini zebra Grobogan sebelum turun ke jalan. Foto : hana eswe.

“Hari ini adalah hari Kartini. Satlantas Polres Grobogan mengadakan kegiatan sosial yaitu membagikan paket sembako kepada warga tidak mampu. Kemudian, kami juga membagikan takjil dan masker gratis kepada para pengendara yang melintas di jalur ini,” jelas AKP Martini.

Terkait momentum ini, AKP Martini mencontohkan sosok RA Kartini yang mempunyai semangat. Hal inilah yang diharapkan agar seluruh anggota Satlantas Polres Grobogan semakin bersemangat dalam melayani masyarakat. Juga kepada masyarakat agar tetap bersemangat meskipun dalam situasi pandemi ini.

“Bagi saya sendiri, sosok Kartini adalah yang patut diteladani. Dengan karya dan semangatnya yang luar biasa, semoga saya dan seluruh anggota Satlantas Grobogan dapat meneruskan jejak beliau. Kepada masyarakat, kami juga mengimbau agar tetap bersemangat, meskipun masih dalam situasi pandemi. Tetap gunakan masker dan hati-hati saat mengendarai kendaraan di jalan,” pungkasnya.

Hana Eswe